Wednesday 22 February 2017

#058 Japanese Curry Kare Jepang

Japanese Curry


Selamat pagi dengan Kare Jepang. Ini request anak saya semalam. Tiba-tiba dia ingin makan kare rice. Berhubung bumbu dan bahan tersedia semua di rumah, jadi langsung saya eksekusi saja nih kare setelah anak-anak mandi sore, karena masak kare ini agak lama mulai dari proses persiapan dan memasak nya. Dulu saya masak kare lumayan lama, sekarang agak lebih cepet dikit, karena alat-alat di rumah saya ini hampir sudah cukup lengkap. Lambat laun, suami saya mau melengkapi semua kebutuhan masak saya. Alhamdulillah. Walaupun di penghujung mau pulang begini, saya sudah cukup senang bisa memenuhi keinginan dan kelengkapan masak saya. Resep nya masih seperti yang dulu. Ini pakai bumbu instan kare yang mix, yang rasa nya tidak pedas. Soalnya ada yang rasa nya agak pedas, yaitu yang kaleng besar. Jadi ini pedas nya sedikit. Akira dan akari juga sangat suka. Tapi siapa sih yang tidak suka, saya sendiri pun dan menurut saya ini adalah kare yang paling enak. Karena semua bumbu rempah nya terasa sekali. Pas saya upload foto aja, banyak temen-temen yang mau dengan kare ini dan mau minta ajarin cara masak nya. Padahal saya hanya pakai bumbu instan lho. Lumayan mahal juga sih harga bumbu kare nya. Satu kaleng itu harga nya sekitar 350yen untuk 2x masak kare ukuran resep saya ini.

Tapi saya kurang tahu juga apa bumbu kare mix ini dijual di Indonesia. Saya belum mengecek juga sih di supermarket jepang yang biasa saya kunjungi. Apakah di sana menjual bumbu kare ini atau tidak. Ya, kalau saya di Indonesia berarti saya cukup menikmati kari nya Indonesia saja, enak juga kok, hanya terlihat pedas saja. Nah dulu sensei saya sudah pernah saya cicipi kare Indonesia, Kare Ayam dengan tambahan sayur wortel dan buncis, akan tetapi sensei saya bukan menyuka pedas. Jadi pada saat saya mencicipi beliau kare Indonesia, beliau langsung kepedasan dan berhenti memakan nya. Lalu seminggu kemudian, saya cicipi lagi dengan tingkat kepedasaan saya turunkan menjadi 30persen, lalu dia masih merasa kepedasan. Kapan-kapan saya mau cicipin beliau opor saja. Karena opor saya, kata suami saya enak. Dan opor itu kan pakai bumbu rempah dan tidak pedas, jadi ya cocok saja. Saya juga sempat bertanya sama sensei saya, apakah makanan bersantan beliau cocok? Lalu beliau menjawab, tidak apa-apa.. Alhamdulillah, kalau ada waktu dan kesempatan lagi, saya akan mencicipi beliau opor ayam saya. Senang nya bisa berbagi, soalnya beliau ini mau mengajak saya makan di rumah nya sebelum saya pulang nanti. Kalau saya karena sudah tinggal di Jepang, jadi saya terbiasa dengan masakan jepang, bisa saya beli dan masak setiap hari. Kalau beliau mau mencoba masakan Indonesia, masak mau ke Indonesia dulu, kan kasihan. Hehehehehe.. Walaupun dulu beliau pernah bilang pernah ke Indonesia pada saat honey moon.


Japanese Curry atau kare jepang ini bumbu nya banyak dijual di supa-supa dengan berbagai variasi. Ada yang sachet kecil untuk sekali makan anak-anak dan ada juga yang instan tinggal dipanaskan saja. Yang sachet itu ada yang gambar anpanman, doraemon, princess dan gambar anak-anak lainnya. Tapi saya tidak pernah membeli dengan kemasan seperti itu. Akira pernah membuat kare di sekolah nya. Pada saat itu di sekolah Akira ada praktek membuat kare, lalu mereka makan bersama. Jadi Akira dan teman-teman sekelasnya diminta membawa peralatan memotong yaitu pengiris kulit kentang dan pisau. Sekarang Akira sudah bisa saya andalkan untuk memasak lho. Saat ini Akira sudah bisa masak nasi dan masak telor dadar. Masih sebatas itu. Banguntidur, pagi-pagi kadang dia minta dia yang masak nasi. Ya, saya biarkan saja anak itu masak nasi dengan terlebih dahulu saya pandu dan saya ajarkan sebelumnya. Dia nangis kalau dia bangun kesiangan dan tidak masak nasi. Hehehehehe, kalau lagi seneng, begitu deh anak-anak. Nanti kalau sudah besar dikit, masih mau apa tidak untuk masak nasi bantu mamak nya ini? Gak tau deh.. Hehehehehe.. Manfaatkan dulu selagi anak-anak masih mau dan masih semangat dengan hal yang baru.


Resep Kare Jepang 

Bahan :
1. 220-260gram paha ayam tanpa tulang, lalu potong sesuai selera. Ayam sudah dalam keadaan bersih
2. 1/2 wortel, potong sesuai selera
3. 1/2 bawang bombay, rajang kasar, saya rajang kasar pakai chopper jadi cepet
4. 1buah kentang, kupas kulit, potong sesuai selera, cuci bersih
5. 10sdm bubuk kare
6. 750ml air

Cara membuat :
1. Tumis bawang bombay yang sudah dirajang
2. masukkan ayam, aduk-aduk
3. Masukkan wortel dan kentang, aduk terus hingga ayam berubah warna terlihat ayam setengah matang.
4. Masukkan air, masak dengan api sedang, tunggu hingga mendidih.
5. Kecilkan api, masukkan bubuk kare aduk rata
6. Masak denga api sedang kecil selama 20menit hingga ayam matang dan wortel dan kentang lembut.

Selesai, siap dihidangkan dengan nasi atau mie. Boleh ditambahkan dengan telur ceplok setengah matang. Suka-suka yang makan. Hehehehehe..

Itadakimasu, selamat makan..


Terima Kasih ya Allah atas rezeki, ilmu, waktu dan kesehatan yang Engkau berikan hari ini sehingga saya bisa mengeksekusi dan menikmati masakan ini.
Alhamdulillah

Kofu Shi, Yamanashi Ken, Japan Februari 2017

-Mawas- (Mom's Akira Wicaksana and Akari Sepnita)

No comments:

Post a Comment