Sunday 19 February 2017

#030 Bebek Goreng

Bebek Goreng



Selamat pagi menjelang siang. Ini adalah sarapan kami pagi ini, Bebek Goreng. Baru bisa upload makanan setelah selesai makan dan beres-beres rumah karena mau pergi jalan mencari kehangatan, mumpung anak-anak dan papa akira masih libur. DI sini sebetulnya tidak ada yang jual bebek, jadi bebek nya beli sama orang malaysia, yang dia dapatkan dari suplier toko asia. Bebek ini impor dari Brazil. Nah, kalau saya mau bebek, saya harus pesen dulu beberapa hari sebelum nya, biar orang malaysia ini bisa pesen ke suplier nya. Jadi beli bebek nya satu utuh dalam keadaan beku. Trus saya defrost seharian biar mudah dipotong-potong. Yang motong bebek nya jadi beberapa bagian ini adalah papa Akira, kalau saya masig gak bisa, trus dalam keadaan dingin saya juga tidak bisa pegang bebek ini lama-lama, tangan saya tidak kuat dingin. Saya termasuk setahun sekali makan bebek di sini. Saya ingat banget tahu lalu dalam keadaan dingin, saya membeli bebek di toko Indonesia, lalu papa Akira motong bebek nya malam-malam sekitar jam 21.00 malam, trus kita bawa heater ke dapur. Trus langsung deh saya masak dan saya ungkep. Hehehehehe.. Kalau di Indonesia beda lagi, tinggal beli bebek goreng H. Slamet, udah selamat deh tuh perut dan keinginan. Hehehehehe..



Bebek goreng
Bahan :
1. 1ekor bebek berat 1,5kg potong dan bersihkan

Bumbu ungkep: (saya ungkep di frying pan ukuran 26cm)
1. 150ml air
2. 3batang sereh geprek
3. 2lbr daun jeruk
4. 2lbr daun salam
5. 1jari tengah lengkoas, geprek
6. 3siung bawang putih, haluskan
7. 1,5sdm ketumbar
8. 1,5sdt garam
9. 1sdt kunyit bubuk

Cara membuat :
1. Campur ketumbar, garam, bawang putih serta kunyit bubuk dengan bebek, lalu remas-remas agar bumbu meresap. Lalu tambahkan air, sereh, lengkoas, daun salam dan daun jeruk, remas-remas kembali dengan tangan..
2. Nyalakan kompor, ungkep bebek dengan api sedang kecil selama 1,5jam (tutup frying pan).. jangan lupa sesekali dibalik agar semua bebek matang.
3. Jika telah selesai, goreng dalam minyak banyak suhu 180 derajat. Goreng hingga matang dan garing.

Untuk sambal nya (sambal bawang)
1. 3batang cabe atau sesuai selera
2. 1siung bawang putih
3. Garam secukupnya

Cara membuat :
1. Ulek semua bahan secara kasar, lalu tambahkan minyak panas hasil penggorengan bebek.

Sambel cabe ijo : sambel dari kulkas yang pernah saya buat sebelum nya.. resep nya sudah pernah belum ya?, lupa, hehehehehe..
Saya tulis ulang resep cabe ijo nya :
1. 7batang cabe ijo
2. 7siung bawang merah
3. 1siung bawang putih
4. 1/2sdt garam
5. 2buah tomat hijau
6. 1sdm gula halus

Cara membuat :
1. Goreng cabe ijo, bawang merah, bawang putih dan tomat hijau.
2. Blender atau ulek kasar bersama garam dan gula. Lebih baik ulek kasar saja, kalau punya saya kemaren blendernya kehalusan.
3. Sudah siap.

Itadakimasu..
Bebek ini memang besar, jadi saya makan nya sudah 2x, setengah nya saya simpan dalam freezer, untuk makan berikut nya.. ☺ 


Bebek Goreng, Hasil Eksekusi 3 Januari 2017

Terima Kasih ya Allah atas rezeki, ilmu, waktu dan kesehatan yang Engkau berikan hari ini sehingga saya bisa mengeksekusi dan menikmati masakan ini.
Alhamdulillah

Kofu Shi, Yamanashi Ken, Japan Februari 2017

No comments:

Post a Comment