Wednesday 22 February 2017

#055 Empal Gepuk

Empal Gepuk


Tiba-tiba melihat postingan teman di instagram yang masak empal, jadilah saya juga pengen makan dan pengen masak. Tapi kok sampe sini gambarnya agak hitaman ya, padahal tidak begitu hitam-hitam banget. Gosong dikit pas goreng, tapi yang sebelah sono yang gosong. Gak papalah yang penting rasa empal daging ini enak lho, serius. Saya suka yang masakan manis-manis begini. Resepnya ini saya intip dari instagram Xanderkitchen, tapi saya hanya menggunakan setengah resep yang beliau buat. Trus ya, tidak perlu digoreng pun juga enak. Tapi yang nama nya empal perlu digoreng kali ya.. Goreng sebentar, lalu minyak nya masih ada dan masih agak nempel gitu di daging nya. Uhm, enak-enak-enak. Ini masak nya lumayan lama, sampai kuah menyusut dan daging empuk. Kalau makan daging keras itu bakal tidak laku kalau di rumah saya. Jadilah makan seperti ini, daging nya agak hancur-hancur dikit agar mudah dikunyah dan ditelan. Hehehehe.. Saya suka makan daging yang manis-manis seperti ini. Kebanyakan daging yang saya masak, rasa nya manis-manis.


Okeh, langsung saja saya tuliskan resep nya (Resep yang saya tulis ini, hasil dari modifikasi saya). Resep asli boleh dilihat di Instagram Xanderkitchen.

Empal
Bahan :
1. 375gram daging sapi (daging saya, sudah dalam bentuk potongan. Kalau di resep asli nya biarkan daging utuh, tidak perlu dipotong)
2. 3lbr daun salam
3. 1btg serei geprek
4. 100ml santan kara
5. 550ml air
6. 2sdm makan gula merah harus
7. 2sdm air asam jawa
8. secukupnya garam

Bumbu yang dihaluskan :
1. 6siung bawang merah
2. 3siung bawang putih
3. sejempol lengkoas
4. 2butir kemiri
5. 1sdm ketumbar
6. sedikit lada

Cara membuat :
1. Cuci bersih daging, tidak perlu dipotong (Kalau daging saya sudah dalam bentuk potongan)
2. Siapkan panci, masukkan santan, air, daging dan bumbu halus, daun salam, serei, gula merah, air asam jawa dan garam
3. Masak daging, kalau sudah mendidih, kecilkan api
4. Masak daging hingga setengah empuk dan kuah agak menyusut, tes rasa
5. Angkat daging, potong-potong lalu pukul-pukul sampai daging agak pipih. (Karena daging saya sudah dalam bentuk potongan, jadi tinggal saya pukul-pukul sampai pipih saja dagingnya)
6. Masukkan lagi daging ke dalam wajan, masak lagi dengan sisa kuah yang ada sampai kuah menyusut dan sampai daging benar-benar empuk.
7. Goreng sebentar empal dalam minyak panas pada saat mau disajikan.
8. Empal siap disantap.

Selamat makan, Itadakimasu..
Serius enak lho, silahkan kalau mau mencoba untuk pecinta dan selera manis.


Terima Kasih ya Allah atas rezeki, ilmu, waktu dan kesehatan yang Engkau berikan hari ini sehingga saya bisa mengeksekusi dan menikmati masakan ini.
Alhamdulillah

Kofu Shi, Yamanashi Ken, Japan Februari 2017

No comments:

Post a Comment