Wednesday 8 February 2017

#008 Sempol Ayam

Sempol Ayam


Selamat pagi di jumat barokah.. Sarapan saya pagi ini dengan sempol ayam.. Menurut saya ini enak, bolehlah dicoba asal cukup garam dan lada saja.. Ini resepnya saya intip di instagram nya mbak susie.agung terima kasih mbak susie.agung sudah berbagi resep..
saya tulis ulang resep nya dengan bahasa dan cara membuat saya sendiri


Bahan :
1. 250 gram paha ayam tanpa tulang, cuci bersih lalu potong-potong kecil
2. 100gram tepung kanji
3. 4siung bawang putih, iris-iris
4. 2batang daun bawang kecil, iris tipis..
5. 1butir telur
6. Gula, garam, merica secukupnya
7. 30ml air dingin
Bahan pencelup :
1. 1butir telur kocok lepas
Cara membuat :
1. Campur ayam, telur, bawang putih, air lalu haluskan dengan chopper..
2. Lalu pindahkan ke dalam mangkok, kemudian tambahkan tepung kanji dan daun bawang lalu remas-remas jadi satu.. tambahkan gula, garam dan merica, remas-remas kembali..
3. Nah kalau di resep asli nya, adonan dililitkan ke tusuk sate, lalu direbus bersama tusuk sate nya.. cuman kali ini saya berbeda.. berhubung panci saya kecil, kalau masak sama tusuk sate gak muat maka saya akali dengan cara lain. Alasan lain juga karena adonan masih terlihat lengket banget, jadi solusi saya yaitu adonan saya masukkan ke dalam plastik segitiga, lalu saya bolongin, kemudian baru saya rebus adonan dengan cara disemprotkan ke dalam panci sesuai ukuran, motong adonan nya pakai gunting..
4. Rebus selama kurang lebih 20menit dengan api kecil..
(Untuk mengetes rasa : bisa mengambil sedikit donan, rebus sebentar, lalu cicipin, bila dirasa kurang, bisa ditmbahkan gula, garam dan merica nya)
5. Jika sudah matang, angkat dan tiriskan..
6. Jika mau dihidangkan, Masukkan adonan yang sudah direbus ke bahan pencelup satu persatu, kemudian goreng di minyak panas, api sedang..
7. Setelah itu baru saya tusuk kan ke tusuk sate ☺, hehehehehe.. (sebetulnya gak perlu pake mungkin gak papa juga ☺) Siap disantap..
Itadakimasu.. selamat makan..


Terima Kasih ya Allah atas rezeki, ilmu, waktu dan kesehatan yang Engkau berikan hari ini sehingga saya bisa mengeksekusi dan menikmati masakan ini.
Alhamdulillah

Kofu Shi, Yamanashi Ken, Japan Februari 2017


No comments:

Post a Comment