Sunday 19 February 2017

#035 Bolu Kukus Gula Merah

Bolu Kukus Gula Merah



Selamat sore, cemilan saya hari ini adalah bolu kukus gula merah. Dulu saya suka beli bolu kukus di kantor saya, ada mbak-mbak yang suka datang ke kantor tiap hari selasa dan jumat. Mbak mbak itu suka dipanggil mbak Luna, kadang dipanggil Luna Maya juga, hehehehe.. Ada ada aja panggilan orang-orang kantor. Selain bolu kukus gula merah ada putu ayu, bolu kukus biasa seperti apem gitu, yang isi nya padat. Saya suka banget sama kue-kue yang seperti ini. Mudah-mudahan tubuh saya tidak bantet dan merekah kayak gini juga ya.. kwkwkwkwkwk.. 😆 dan mudah-mudahan pas saya pulang nanti, saya masih bisa membeli kue ini lagi dengan mbak Luna ini.
Selain itu juga, saya sukan membuat kue ini karena lihat hasil postingan teman-teman di instagram, ini lah yang sebagian besar membuat saya senang memasak kue-kue dan saya jadi penasaran saja, apakah saya bisa dan berhasil seperti itu juga, karena selama ini bisa nya hanya membeli dan membeli. Yuk, sekali-sekali membuat. Semangat ya!!! 😃

Resepnya diambil dari instagram doyan baking by Iwen_kiaa. Terima kasih mbak sudah berbagi resep. Resep ini tidak menggunakan telur dan tidak menggunakan mixer. Penasaran saja saya dengan resep nya, hehehehehe...

Saya tulis ulang resep nya, yang saya tulis ini resep setengah nya ya, hasil nya 7 kue seperti ini. Tidak perlu menggunakan cetakan bolong-bolong juga, saya cukup menggunakan ramekin saja lalu ditaruh kertas kue muffin.



Bahan :
1. 150gram gula merah (td saya pakai hanya 100gram, tapi kurang manis, harus sesuai resep biar manis pas)
2. 150ml air
3. 150gram tepung terigu protein tinggi
4. 1/4sdt baking powder (saya gak pake)
5. 1/4sdt baking soda (saya pakai 1/2sdt baking soda)
6. 1/2sdt garam (td saya lupa)
7. 1/2sdt cinammon bubuk (td saya pakai 1sdt bubuk cinammon) dan ini tergantung selera
8. 65ml minyak sayur

Cara membuat :
1. Dalam panci campur air dan gula merah, panaskan hingga gula merah hancur, matikan api, dan biarkan hangat.
2. Di mangkuk terpisah campur bahan kering, aduk rata.
3. Masukkan point satu ke point 2, aduk rata hingga tidak bergerindil.
4. Tambahkan minyak sayur, aduk rata.
5. Panaskan kukusan, tuang adonan ke dalam cetakan. Masak dengan api besar selama 20menit. Jangan lupa tutup kukusan dilapisi dengan serbet.

Selamat mencoba. Itadakimasu.


Bolu Kukus Gula Merah, Hasil Eksekusi 2 Februari 2017

Terima Kasih ya Allah atas rezeki, ilmu, waktu dan kesehatan yang Engkau berikan hari ini sehingga saya bisa mengeksekusi dan menikmati masakan ini.
Alhamdulillah

Kofu Shi, Yamanashi Ken, Japan Februari 2017

No comments:

Post a Comment