Sunday 19 February 2017

#031 Bronis Kukus Coklat

Bronis Kukus Coklat




Selamat siang dengan cemilan bronis kukus coklat. Cara membuat nya mudah sekali, tidak menggunakan mixer dan tidak di oven, hanya dikukus. Saya sebetulnya ingin membuat cake kukus, hanya saja selama ini belum ada cetakan yang cukup untuk dimasukkan dikukusan saya yang mungil itu. Alhamdulillah, pada saat kemarin ke Seria ada cetakan kecil yang cukup dan bisa masuk di kukusan saya. Jadi saya tidak perlu beli kukusan lagi. Cukup membeli cetakan kecil saja, hihihihi.. Soalnya kukusan itu kan besar, seperti kukusan yang saya miliki di Indonesia, dan harga nya juga di sini lumayan mahal. Lalu pertimbangan saya lainnya, kalau misalnya dipakai trus nanti nya mau dikemanain, mau dibawa pulang, saya sendiri sudah punya, lalu bodi kukusan besar lagi. Jadi ya, lebih baik membeli cetakannya saja yang kecil. Alhamdulillah, akhirnya bisa mengeksekusi kue-kue yang mungil dan kecil sesuai dengan haraan suami saya juga, bikin sedikit, yang makannya juga hanya berempat, dan bisa habis dalam sekejap, jadi hari berikut nya bisa eksekusi makanan dan cemilan yang lain lagi. Ini saya menggunakan coklat hitam pekat karena saya masih punya stok coklat bubuk hitam. Jadi hasil bronis kukus nya berwarna hitam. Kalau tidak mau berwarna hitam, silahkan ganti coklat hitam bubuk nya dengan coklat bubuk biasa. Karena menurut saya warna nya tidak berpengaruh, yang berpengaruh adalah tekstur.


Yang mau bikin kue ini, silahkan.

Bahan :
1. 20gram coklat hitam bubuk (bisa beli di seria, 1bungkus isi 20gram)
2. 25gram coklat bubuk biasa
3. 70gram gula pasir atau sesuai selera, kalau saya tidak suka manis..
4. 125ml susu cair
5. 100gram minyak sayur
6. 2butir telur
7. 75gram tepung terigu protein tinggi
8. 3/4 sdt baking soda/soda kue
9. 80gram susu kental manis atau sesuai selera

Cara membuat :
1. Campur coklat bubuk hitam, coklat bubuk biasa, gula pasir, minyak sayur, susu cair ke dalam panci, lalu hangatkan hingga gula pasir larut. tidak perlu sampai mendidih. Lalu diamkan hingga dingin.
2. Kocok telur, lalu masukkan ke dalam panci.
3. Di mangkuk terpisah, campur tepung terigu dan baking soda, aduk rata.
4. Ayak dan masukkan ke dalam panci adonan coklat. Kemudian masukkan susu kental manis, lalu aduk rata.
5. Siapkan kukusan lalu panaskan kukusan hingga mendidih.
7. Tuang adonan yang sudah tercampur ke dalam loyang yang sudah dilapisi dengan baking paper.
8. Kukus dengan api sedang kecil selama 40menit.

Itadakimasu, selamat mencoba.



Bronis Kukus Coklat, Hasil Eksekusi 5 Januari 2017

Terima Kasih ya Allah atas rezeki, ilmu, waktu dan kesehatan yang Engkau berikan hari ini sehingga saya bisa mengeksekusi dan menikmati masakan ini.
Alhamdulillah

Kofu Shi, Yamanashi Ken, Japan Februari 2017

No comments:

Post a Comment