Tuesday 21 February 2017

#049 Tahu Tepung Goreng

Tahu Tepung Goreng


Kadang kalau lihat orang Indonesia upload foto, jadi pengen ikutan makan makanan yang diposting nya. Hihihihi, sayang di sini tidak bisa beli jajanan Indonesia. Jadi kalau ingin banget, ya saya harus masak sendiri. Mencari resep atau mengintip resep yang diposting oleh orang tersebut. Kalau jalan keluar juga begitu, jangan banget saya itu kalau dilihatin sama makanan, pasti mau saya makan. Hihihihi, maka nya saat ini saya agak jarang keluar rumah, dan melihat jajanan. DI sini, semua toko obat, kombini, dan supa pasti ada jajanan atau makanan yang dijual. Entah kakiage, onigiri, bolu gulung, roti sandwhish, roti biasa, muffin dan bento. Bagi saya semua mengundang selera. Jadi setiap melihat makanan pasti mau nya mencoba makanan tersebut. Alhamdulillah sejak sudah bisa mulai menulis lagi, saya jadi mengisi waktu di rumah saja. Yaitu menulis blog dan karena cuaca dingin juga, jadi saya tidak belanja-belanja di luar. Belanja nya cukup seminggu sekali dan kalau pun kurang untuk kebutuhan seminggu, biasa nya saya minta tolong papa Akira yang belanja. Begitu pun dengan menjemput anak. Biasa nya saya yang menjemput anak saya ke sekolah dengan berjalan kaki, tapi berhubung cuaca dingin, jadi yang menjemput anak-anak ke sekolah adalah papa Akira. Biasanya kalau saya yang menjemput anak-anak, di tengah jalan pasti anak-anak mau nya mampir ke kombini atau ke toko obat untuk membeli cemilan atau jajanan. Apalagi anak saya yang perempuan. Banyak yang ingin dia beli dan ingin dia coba. Maklum masih anak kecil. Saya pun juga begitu, kadang banyak yang ingin saya coba makan, tapi berhubung banyak yang tidak boleh dimakan di sini, jadi ya yang dicoba adalah memasak makanan nya. Ada sisi positiflah, jadi menambah ilmu masak. 😀

Nak, kali ini saya masak tahu tepung goreng. Dulu suka banget beli gorengan di abang-abang. Ada pisang goreng, pisang molen, tahu isi, tahu goreng tepung, tahu kosongan, tempe, dan bakwan. Inget banget dulu harga nya 3 gorengan 2000 rupiah. Tidak tahu sekarang berapa. Begitulah kalau kangen dengan masakan dan jajanan Indonsia, pasti harus membuat nya sendiri. Alhamdulillah, jadi dapet ilmu masak dan ilmu perbumbuan. Saya senang makan gorengan, tapi gorengan itu membuat berat badan naik. Tapi gak papalah kalau bisa dikendalikan hanya untuk sesekali saja. Tahu goreng tepung, tempe tepung yang tipis semua nya enak. Yuk mari kita eksekusi saya tahu tepung goreng nya, Insha Allah gampang sekali membuatnya.
Bahan dan cara membuat :
1. Tahu potong kotak, mau dibalur garam juga boleh.. kalau saya nggak, karena garam nya saya berikan di tepung nya.
2. Siapin tepung terigu secukup nya, tambahkan garam, lada dan daun bawang serta sedikit bawang putih halus (tambahkan sedikit ketumbar halus bila mau), tambahkan air sedikit hingga adonan tidak terlalu kental dan tidak terlalu encer..
3. Balut tahu ke dalam adonan tepung lalu goreng hingga matang..

Itadakimasu, selamat makan

Terima Kasih ya Allah atas rezeki, ilmu, waktu dan kesehatan yang Engkau berikan hari ini sehingga saya bisa mengeksekusi dan menikmati masakan ini. Alhamdulillah Kofu Shi, Yamanashi Ken, Japan Februari 2017



No comments:

Post a Comment