Wednesday 15 February 2017

#024 Udang Saos Mentega

Udang Saos Mentega





Selamat pagi dengan udang saos mentega. Resep ini saya dapatkan dari bapak nya anak-anak. Pernah dibuat pas makan malam, anak-anak doyan banget.. Akhir nya bikin lagi dan lagi. Kalau papa nya anak-anak masak, anak-anak pasti suka sekali. Masakan papa nya lebih enak dari masakan saya, hehehehe.. Anak-anak selalu bilang begitu. Kalau saya masak nya ya itu-itu saja, kalau bapak nya di rumah, selalu masak dengan sesuatu yang baru, jadi anak-anak senang dan pasti semua makan dengan lahap. Dulu pas pertama papa nya buat karaage, lalu dikenalkan ke saya, kemudian kare, lalu saya belajar lagi dari papa nya. lalu papa nya masak ebi mayo, saya belajar lagi sama papa nya. Kemudian bikin nasi maguro no tataki gohan, lalu saya juga belajar lagi sama papa nya bagaimana cara meracik dan menata nya. Terakhir, saya belajar membuat hambagu dan chicken katsu ala papa Akira. Hehehehe, semua yang dibuat oleh papa Akira, selalu disukai anak-anak. Papa Akira masak kalau saya sedang pergi kursus atau pada saat libur, jadi papa Akira masak nya malam. Kalau sudah malam, saya tidak mau motret makanan karena seenak apapun makanan nya terlihat kurang menarik kalau dipotret dengan cahaya yang kurang. Nah, berhubung siang dan saya masih memiliki stok udang di kulkas, jadi saya masak aja udang saos mentega nya. Kali ini papa ngasih tau resep dan cara buat nya udang saos mentega ini.. Sebetulnya udang untuk seukuran resep ini hanya cukup untuk tiga orang saja. Kalau jumlah keluarga anda lebih dari 3 orang, silahkan sediakan udang dan bumbu nya lebih banyak lagi. Okeh!! Apalagi kalau anaknya doyan dan pecinta udang, bisa-bisa makan buat berdua saja. Ukuran udang 150 gram ini, kalau di supa yang biasa saya beli berisi 10-12 ekor. Udangnya lumayan besar.



Udang saos mentega :

Bahan :
1. 150gram udang vaname
2. 1/4 sdt jahe
3. 1/4sdt garam
buang kulitnya, lalu bersihkan punggungnya.. cuci bersih udang, kemudian kasih jahe sedikit dan garam.. diamkan sejenak sambil mempersiapkan bumbu yang lain..

4. 1siung bawang putih, geprek lalu rajang
5. 1/4 bawang bombay besar potong memanjang.
6. 1sdm margarin
7. Minyak untuk menumis
8. 1/2sdm shoyu
9. 2sdm kecap manis
10. Sedikit kecap inggris (sktr 1 sdt)

Cara membuat :
1. Campurkan shoyu, kecap manis dan kecap inggris dalam satu wadah, sisihkan
2. Goreng udang sampai matang, angkat dan sisihkan
3. Tumis bawang bombay hingga setengah layu, lalu masukkan bawang putih, kemudian masukkan campuran kecap, lalu udang, aduk rata.
4. Kecilkan api, masukkan margarin, matikan api ketika margarin cair. Aduk rata.
5. Done

Itadakimasu..
Selamat mencoba teman-teman.



Terima Kasih ya Allah atas rezeki, ilmu, waktu dan kesehatan yang Engkau berikan hari ini sehingga saya bisa mengeksekusi dan menikmati masakan ini.
Alhamdulillah

Kofu Shi, Yamanashi Ken, Japan Februari 2017

No comments:

Post a Comment