Wednesday 22 February 2017

#056 Salmon Panggang

Salmon Panggang


Selamat pagi semua, selamat beraktivitas, jangan lupa untuk selalu sarapan sebelum beraktivitas. Isi perut dan nutrisi otak sebelum bekerja dan menjalankan aktivitas. Kali ini sarapan kami sekelurga adalah salmon panggang. Sebetulnya makanan di Jepang itu, yah itu-itu saja. Belanjaan saya tiap minggu yah ini-ini saja pasti ada masak ayam, udang, cumi dan ikan salmon. Kalau ikan yang lain kadang maguro halus, atau teri sebagai selingan. Kebanykan ikan di sini harga nya cukup mahal. Kadang yang agak murah adalah ikan kembung. Nah ikan kembung ini juga sebaik lauk selingan saya. Kadang saya masak sambal, kadang saya bakar juga dengan masakan padang. Selain itu masakan saya tiap minggu nya adalah telur dadar biasa. Makanan selingan lainnya adalah pasta, pizza dan roti tawar. Mie pernah, tetapi hanya sesekali. Jadi ibu-ibu itu memang perlu memutar otak terus bagaimana menyiasati makanan agar anak mau makan. Kadang saya lebih suka kalau anak yang request masakan, jadi saya tidak pusing memikirkan akan masak apa. Itu pun kalau bahan nya lagi ada. Kalau bahan nya lagi tidak ada, kadang saya kasih anak-anak pilihan.


Nah, saya di sini sampai puas makan ikan salmon. Karena di Indonesia, sulit banget dapat ikan salmon ini. Alhamdulillah anak-anak saya suka makan ikan salmon dipanggang seperti ini. Beli ikan nya di supa, potongan ikan seperti ini sudah dijual dalam keadaan beku dan sudah terpotong sepeti ini dan sudah terasa asin. Jadi saya masak nya tinggal digoreng saja. Selain enak, mudah dimasak, serta jadi makanan favorit keluarga kami, ikan salmon ini harga nya juga tidak begitu mahal. Potongan ikan seperti ini isi 4 hanya berkisar 300yen. Ada juga yang dijual dalam bentuk potongan daging bagian perut, isi 2 biasa nya dijual dengan harga kisaran 160yen. Murah banget kan. Berbeda dengan yang di Indonesia, yang harga nya selangit. Mudah-mudahan anak-anak tidak bosan makan masakan ini. Karena makanan ini langka di Indonesia. Kalau di sini bisa makan sepuasnya sampai bosan. Karena ikan ini tiap hari ada dijual di supa-supa dengan harga yang terjangkau. 

Cara membuat dan menyajikan nya pun sangat lah mudah. Ikan seperti ini sudah dijual di supa-supa dengan keadaan beku dan terpotong seperti ini. Jadi saya tinggal memasukkannya ke dalam oven di kompor saya bagian bawah, lalu saya panggang selama 9 menit pertama dengan api sedang kecil. Lalu saya balik dan saya panggang sisi sebelah nya selama 8 menit dengan api sedang kecil. Selesai. Cukup dihidangkan dengan nasi panas, sudah cukup sedap dan nikmat. Alhamdulillah..

Itadakimasu, selamat makan..


Salmon Panggan, Hasil eksekusi 22 Februari 2017

Terima Kasih ya Allah atas rezeki, ilmu, waktu dan kesehatan yang Engkau berikan hari ini sehingga saya bisa mengeksekusi dan menikmati masakan ini.
Alhamdulillah

Kofu Shi, Yamanashi Ken, Japan Februari 2017

-Mawas- (Mom's Akira Wicaksana and Akari Sepnita)

No comments:

Post a Comment