Wednesday 8 February 2017

#005 Tahu Bumbu Kuning

Tahu Bumbu Kuning


Masakan ku pagi ini, tahu bumbu kuning.. Resep diadopsi dari blog bunda_didi (ikan bakar praktis bumbu kecap). Terima kasih mbak diah didi yang sudah berbagi resep. Sebenarnya saya ingin masak ikan bakar kecap. Ikan nya beli ikan kakap tapi badan nya saja. Karena badan ikannya kecil, jadi saya campur dengan tahu.. Kemudian saya ambil ikan nya lalu saya bakar di oven kompor bagian bawah. Tapi berhubung ikan nya kurang cakep pas difoto, jadi yang saya foto adalah tahu nya saja.. Sebetulnya ikan nya enak juga, hanya saja ikannya kecil. Tapi alhasil, si tahu juga tidak kalah enak. kwkwkwkwkwk.. saya suka masakan berempah begini.. harum bau nya.. Sempat saya cicipin ke sensei saya, pengajar bahasa jepang saya di Yamanashi University dan satu orang teman saya, orang thailand. Waw, saya lihat mereka makan sangat lahap sekali, saya sendiri jadi senang. 
Okeh, inilah resep tahu bumbu kuning nya. Oh iyah, sebetulnya kenapa dia jadi kuning, karena sikecap nya ini hanya membalurin si ikan nya saja. Jadi si ikan yang jadi item dan tahu nya jadi kebagian sedikit kecap, jadi warna nya agak kuning bukan hitam.


Bahan :
1. 4buah tahu berkulit yang panjang
2. 2sdm kecap manis
3. 2lbr daun salam (saya gak pake karena habis)
4. 2cm lengkoas memarkan
5. 1/2sdt gula merah
6. 1sdt kaldu bubuk
7. Garam secukupnya
8. 60ml air
Bumbu halus :
1. 6siung bawang merah
2. 2siung bawang putih
3. 1sdt ketumbar halus
4. 1cm kunyit
5. 3butir kemiri
6. 1/4sdt merica butiran
Cara memasak :
1. Haluskan bumbu halus
2. Tumis bumbu halus hingga harum, lalu masukkan daun salam, lengkoas, gula merah, garam, dan kaldu bubuk..
3. Kemudian tambahkan air, lalu masukkan tahu..
4. Tambahkan kecap, masak tahu hingga bumbu meresap..



Itadkimasu.. selamat makan..
Terima Kasih ya Allah atas rezeki, ilmu, waktu dan kesehatan yang Engkau berikan hari ini sehingga saya bisa mengeksekusi dan menikmati masakan ini.
Alhamdulillah...

Kofu Shi, Yamanashi Ken, Japan Februari 2017

No comments:

Post a Comment