Sunday 12 February 2017

#018 Nasi Capcay Cumi

Nasi Capcay Cumi


Selamat pagi di hari rabu, kali ini sarapan capcay cumi.. Saya kalau lihat foto makanan atau saya lihat makanan nya langsung kadang saya ingin makan itu. Seperti hal nya waktu saya di Indonesia, wah, kalau mau ke kantin, pasti saya pergi sendiri maksudnya, suka jalan sendiri untuk membeli, tidak titip sana-titip sini. Nah pas sudah sampai di kantin, kadang bingung mau makan apa dan mau beli apa karena bagia saya semua makanan yang dihidangkan itu enak-enak. Hebat ya semua penjual itu, bisa membuat pembeli nya menarik perhatian dengan makanan nya 👍. Dan bagi saya mereka itu juga hebat bisa menyajikan banyak makanan semenarik mungkin, memasaknya sebanyak mungkin, dan bangun pagi bela-belain belanja di pasar hanya untuk kita yang kerja kantoran ini. Mantap memang, besar ya pahala mereka. hehehehehe.. Nah, kalau sudah ke kantin, saking bingung nya milih makanan, kadang saya jadwal saja, hari ini saya akan makan menu A, besok saya akan makanan menu B, besoknya lagi makan menu C. Hahahaha. Kalau mau makan semua nya kan gak mungkin. Kasihan perut nya, ya paling kalau mupeng banget, ngelirik temen makan apa, trus icip-icip punya temen deh. Hehehehehe.. Nah, kalau masakan ini kali ini, saya tertarik pengen masak ini karena saya lihat postingan orang makan di solaria. Saya kepingin banget makan di solaria, karena sudah lama sekali tidak mampir ke sana, sudah satu tahun. Sebetulnya yang paling saya suka di restorant solaria adalah nasi goreng dan mie goreng nya. Tapi menurut saya semua nya enak sih, kadang tergantung tempat juga kali ya. kadang-kadang enak, kadang-kadang nasi goreng nya agak kelembekan gitu. Pas searching-searching gambar nasi goreng solaria, ketemulah gambar nasi dengan menu seperti ini. Kok tiba-tiba saya jadi pengen. Save dulu gambar nya lalu kapan-kapan belanja bahan dan bikin. Alhamdulillah akhir nya kesampaian juga.


Nasi capcay cumi :

Isi capcay nya kol, brokoli, wortel, sawi hijau, daun bawang, pake irisan daging dikit, pakai cumi nya jangan lupa.. semua sayuran iris sesuai selera..
bumbu nya : bawang bombay iris memanjang, 1siung bawang putih geprek, 1sdm saos tiram, 1sdm kaldu ayam bubuk, 1/2sdt garam.
100ml air

Pengental : 1sdm tepung maizena diberi sedikit air

Cara nya :
1. Tumis bawang bombay sampai setengah layu, lalu masukan bawang putih.. lanjut masukan dging yang diiris tipis dan kecil (agar mudah dikunyah), masukkan cumi..
2. Lanjut masukkan sayuran, wortel dan batang sawi hijau dulu,
3. Tambahkan air, biarkan wortel dan batang sawi tampak lembut. Kemudian, kecilkan api, masukkan bumbu saos tiram, kaldu ayam bubuk, dan garam lalu aduk rata dengan api sedang..
4. Masukkan brokoli, daun sawi , dan kol, aduk rata..
5. Terakhir masukkan daun bawang yang sudah diiris tipis, aduk rata lagi..
6. Terakhir kentalkan dengan pengental.. selesai

Lanjut bikin bumbu kecap terpisah..
Bahan nya :
1. bawang bombay sedikit, iris memanjang,
2. 1sdm kecap inggris
3. 1sdm kecap manis
4. 1sdt kecap asin..

Cara nya :
Tumis bawang bombay hingga layu, kecilkan api, masukkan kecap asin, kecap manis dan kecap inggris, aduk rata dengan api sedang.. masak sebentar saja.. selesai..
Silahkan dimakan dengan nasi, capcay cumi dan saos kecap nya..

Itadakimasu.. (serasa pergi ke solaria, pesen menu nasi cumi goreng mentega, inget nya begitu ☺️)



Terima Kasih ya Allah atas rezeki, ilmu, waktu dan kesehatan yang Engkau berikan hari ini sehingga saya bisa mengeksekusi dan menikmati masakan ini.
Alhamdulillah

Kofu Shi, Yamanashi Ken, Japan Februari 2017

No comments:

Post a Comment