Thursday 2 February 2017

#001 Memulai Menulis Kembali

Memulai Menulis Kembali




Assalamu 'alaikum warrahmatulahi wabarokatuh

Semoga kita selalu dirahmati Allah, semoga kita selalu dalam lindungan Allah, selalu dalam keadaan sehat dan bersyukur. Ini adalah pertama kali nya saya mulai menulis di blogspot setelah sebelum nya pernah mulai menulis blog di wordpress.com dengan akun mitnablog.wordpress.com

Ditemani dengan anak gadis yang tidak mau sekolah, secangkir lemon tea dan dua potong kue coklat, saya di ruang tengah rumah saya, mencoba mencari ide dan solusi kembali agar saya bisa menulis kembali. Sambil duduk nongkrong diatas meja, memanfaatkan laptop yang sudah lama tidak diberdayakan, kali ini akan sangat saya berdayakan. Mudah-mudahan si laptop ini juga space nya juga tidak habis bila saya masukkan foto-foto dari handphone dan kamera saya. Dulu sebelumnya, saya menulis cerita di wordpress menggunakan jempol dan handphone. Saya menginstall aplikasi wordpress di handphone saya, lalu tiap malam kalau ada waktu, pasti akan saya tulis-tulis macem-macem di saya. Cepat memang, tapi akhir nya menjadi kalah, ketika saya sering memotret dengan handphone dan menyimpan video di handphone. Akhirnya saya uninstall aplikasi wordpress nya karena memakan space banyak.

Kali ini saya mau mencoba mengganti menulis di sini, dengan alasan apa daya disk space di wordpress terbatas karena saya suka mengupload video dan foto cerita saya selama di Jepang agar temen-teman yang di Indonesia termotivasi juga untuk datang, sekolah, bekerja, atau menetap di sini. Seperti halnya saya yang hidup di Jepang sementara mengikuti suami yang sedang tugas belajar menjalankan sekolah selama 3tahun lama nya. Namun, saya dan anak-anak tidak mengikuti suami secara full di Jepang karena suami butuh penyesuaian dulu untuk mencari tempat, mencari uang buat kebutuhan hidup kami selama di Jepang dan harus mencari tempat tinggal dan peralatan dulu untuk persiapan hidup kami sekeluarga di sini.

Di hari yang cerah ini (Alhamdulillah tidak terlalu dingin walaupun suhu 6 derajat, saya sudah mampu beradaptasi), saya berkesempatan untuk menulis dan menuangkan sedikit cerita pertama saya menulis di blog ini. Kembali saya memulaiya dengan berpikir jernih ditemani dengan si laptop jadul punya papa Akira merk panasonic yang mungil ini, beserta santai-santai bersama lemon tea dan kue coklat super moist yang saya buat kemarin. (Untuk resep kue coklat supermoist nya sudah saya tulis di fesbuk dalam album masakan selama di jepang, atau nanti saya akan tuliskan resep nya kembali di blog ini). Saya sangat senang sekali menuangkan beberapa ide untuk menulis, memotret sesuatu dan memperlihatkan sebuah gambar. Dan saya juga perlu membayangkan apa yang menjadi keinginan saya ke depan nanti dalam mengisi blog ini. Semoga saya selalu rajin dan memiliki ide yang bermanfaat bagi blog saya sendiri dan bisa menjadi lebih baik dari sebelum nya.

Sama seperti di blog sebelumnya, blog ini akan saya dedikasikan buat semua pembaca dan buat keluarga saya terutama untuk anak-anak dan suami saya. Agar mereka selalu mengingat akan setiap memori yang mereka alami selama ini. Akan selalu tersimpan (walaupun sudah berlalu) semua kejadian sehingga dapat menjadi manfaat bagi mereka dan anak-anak mereka di masa mendatang, sehingga memotivasi mereka untuk selalu berkreasi dan berpetualang menghadapi berbagai kehidupan. Sehingga mereka harus belajar menghadapi berbagai kehidupan dimana pun berada, mencoba dan mau mencari sesuatu yang baru dan mampu berinovasi dalam berbagai kehidupan yang dialami. Ibarat berani melepaskan busur panas sehingga mereka tahu apakah busur panah yang mereka lepaskan tepat mengenai sasaran nya atau tidak. Dan jika busur panah yang dilepas tersebut tidak mengenai sasaran nya, maka berusaha lagi sampai tepat! Kita tidak akan pernah tahu seberapa jauh busur panas yang dilepas, diukur dari titik sasarannya, kalau kita tidak pernah melepaskan busur panah tersebut. Selalulah melangkahkan kaki untuk keluar, melihat dan mencari kehidupan baru di tempat lain, rasakan kehidupan yang dialami di sana. Jangan diam di tempat.




Balik lagi ke ide untuk menulis di blog. Niat nya saya itu ingin menulis banyak cerita tanpa terputus di blog saya dengan menunjukkan berbagai foto dan video kehidupan kami selama di Jepang. Namun apa daya, dengan berbagai kendala keterbatasan disk space di wordpress, akhirnya saya ingin melanjutkan menulis di sini. Setelah sekian lama vakum menulis (sekitar 6 bulan, mencari berbagai solusi dan ada beberapa kesibukan sendiri sejak september 2016-Januari 2017) akhirnya memutuskan untuk pindah blog yang free dan unlimited. Mudah-mudahan dengan menulis di blog ini, saya masih bisa terus bercerita tentang jepang dan masakan saya. Karena bagi saya berbagi cerita tentang kehidupan di Jepang ini sangatlah penting, sebab dari pengalaman saya sendiri, sebagai seorang muslim, saya sangat kesulitan mencari informasi tentang dimana menjual makanan halal, makanan apa saja yang halal, dimana bisa menemukan tempat rekreasi yang bagus, bagaimana cara menggunakan ini itu (misalnya cara menggunakan toilet di tempat umum), bagaimana etika ketika makan di foodcourt Jepang, bagaimana cara menggunakan kartu tol, bagaimana cara membuang sampah dan lainnya. Menurut saya semua itu sangat penting sekali, mengingat kita tinggal di negeri orang lain yang berbeda dengan negeri kita sendiri, aturan dan budaya tiap negara berbeda. Suhu dan cuaca pun berbeda, kita juga perlu tahu bagaimana menghadapi nya, apa yang perlu kita persiapkan untuk menghadapi suhu dan cuaca yang berbeda itu. Selain itu juga, tinggal di negeri asing ini juga kita perlu mengetahui bagaimana etika di perjalanan, cara menggunakan mobil, motor, dan menggunakan jalan raya sebagai pejalan kaki. Mudah-mudahan saya bisa menuliskan nya untuk teman-teman semua sehingga saya dan teman-teman pun dapat menjadi tahu dan bertambah wawasan nya baik bagi saya sendiri (yang dapat menambah semangat saya untuk mencari tahu informasi) maupun untuk teman-teman yang mungkin akan menjalankan hidup di sini. Amin, sama-sama ya kita menggali dan menambah informasi.




Hari ini saya ditemani sama Akari, anak perempuan saya di rumah. beliau sedang tidak enak badan, jadi hari ini beliau tidak ke sekolah. Saya hari ini bisa fokus, lagi ada waktu dan ide untuk memulai menulis lagi ditemani dengan putri bungsu. Sekarang saya sedang mencari cara agar menulis saya lebih baik lagi di sini dengan gambar yang lebih menakjubkan dan tulisan yang bermanfaat, berguna dan lebih menarik bagi pembaca nya (Mudah-mudahan ya teman). 

Terima kasih temen-teman sudah mampir ke blog saya, mudah-mudahan ke depannya menjadi lebih baik lagi dan memiliki banyak ide cerita tentang apa saja yang sedang muter di otak.


Terima kasih ya Allah mohon bimbingan nya dalam kegiatan menulis ini.
Semoga kita selalu diberi kesehatan, ilmu yang bermanfaat, serta tidak disibukkan dengan hal-hal yang tidak berguna. Amin

Salam dari kami yang jauh ini.



(Foto di atas adalah foto kami jalan-jalan mau melihat Gunung Fuji tapi dari kejauhan saja yaitu dari danau Lake Saiko tahun 2015 pas bulan terakhir)

Kofu-shi, Yamanashi Ken, Japan Februari 2017


No comments:

Post a Comment