Thursday 9 February 2017

#009 Bronis Kukus Super Coklat

Bronis Kukus Super Coklat


Selamat sore, cemilan saya sore ini adalah bronis kukus super coklat dari resepnya bundnina_kitchen ala ny.liem. terima kasih bundnina_kitchen telah berbagi resep.. Saya memang kangen dan senang sekali dengan kue coklat-coklat begini. Sebetulnya niat nya mau bikin pake loyang loaf pan yang kecil. Saya sudah coba pake setengah resep nya, eh ternyata untuk loyang loaf pan seperti nya kekecilan. Akhir nya saya pakai loyang bundar ukuran 20cm. Khawatir kalau dipaksakan pakai loyang loaf pan, adonan nya tinggi dan hasil kue nanti meluber alias tumpah keluar. Mungkin kalau mau pakai loyang loaf pan sebaik nya pakai 1/3 dari resep asli nya. Hihihihihi..
Saya makan nya di sini gak sendiri, karena saya paling seneng kalau masak makan kemudian langsung habis, tapi tidak dihabiskan sendiri melainkan berbagi sama anak-anak, suami dan teman. Suami saya selalu berpesan, kalau membuat dessert atau kue manis-manis, kalau bisa dibagi dengan teman nya, jangan makan sendiri. Pesan suami saya yaitu masak sedikit atau berbagi dengan teman nya, Soalnya suami saya kadang jarang makan makanan yang manis-manis seperti ini. Kalau saya hidangkan makanan seperti ini, pasti dia minta dibuatkan teh hiau tawar atau kopi. Hihihihihi. Kalau jajan kue di luar, yang makan kue manis seperti ini hanya saya, Akira dan Akari saja. 

Okeh, kali ini saya bikin setengah dari resep asli nya.. setengah aja masih kebanyakan bagi saya.. ☺
Mau nya saya pake loyang loaf pan, eh pas dibuat ternyata harus pakai loyang yang lebih besar.. jadi saya pakai loyang bundar ukuran 20cm.. gak sabar nih makan nya, serius!! Karena saya kangen banget sama bronis kukus.. saya tulis ulang resep nya (ini setengah resep)



Bahan A :
1. 3butir telur
2. 100gram gula pasir
3. 1/2 sdt ovalet

Bahan B (campur dan ayak): 1. 65 gram tepung terigu
2. 25gram coklat bubuk

Bahan C (campur dan tim di api kecil), jika sudah tercampur rata, biarkan hangat) :
1. 87ml minyak sayur
2. 50gram dark cooking coklat

Bahan D:
1. 35gram susu kental manis

Topping :
1. 100gram Chocolate cream

Cara membuat :
1. Campur bahan A, kocok sampai kental dan mengembang
2. Masukkan campuran bahan B ke dalam bahan A, aduk rata.
3. Lalu tambahkan bahan C, aduk balik menggunakan spatula
4. Ambil sedikit adonan (saya 2 skup spatula) lalu tambahkan bahan D, sisihkan
5. Panaskan kukusan, siapkan loyang bundar 20cm, alasi dengan kertas roti..
6.Tuang setengah adonan ke dalam loyang lalu kukus selama 10menit dengan api sedang kecil.. jangan lupa tutup kukusan dialasi dengan kain atau serbet.
7. Kemudian masukkan adonan point 4, kukus lagi selama 5menit.
8. Tuang sisa adonan ke dalam loyang, kukus lagi selama 20menit atau sampai matang.. lakukan tes tusuk..
9. Jika telah selesai, angkat dan dinginkan..
10. Tuang topping di atas nya..

Selamat mencoba, itadakimasu..



Terima Kasih ya Allah atas rezeki, ilmu, waktu dan kesehatan yang Engkau berikan hari ini sehingga saya bisa mengeksekusi dan menikmati masakan ini.
Alhamdulillah

Kofu Shi, Yamanashi Ken, Japan Februari 2017


No comments:

Post a Comment