Sunday 19 February 2017

#032 Sapi Lada Hitam

Sapi Lada Hitam



Selamat malam dengan sapi lada hitam. Ini adalah menu makan siang kami, hihihihi.. terlambat posting, karena terlambat makan, efek dingin. Sapi lada hitam ini makan nya enak sekali, papa Akira suka sekali dengan sapi lada hitam ini. Lada nya terasa sekali. Tapi mengiris daging nya yang kecil-kecil saja, soalnya daging nya biasanya keras. Selama ini, saya di sini tidak memiliki presto untuk membuat daging menjadi lembut. Kalau masak rendang, itu butuh waktu yang lama untuk merebus daging hingga dagingnya empuk dan bumbu meresap ke dalam dan sampai bumbu keluar minyak nya. 

Saya kalau sudah membeli daging, daging nya langsung saya defrost biasa nya setangah sampai 1 hari, lalu langsung saya olah menjadi masakan yang bermacam-macam. Jadi daging nya tidak masuk kulkas lagi, masuk kulkas nya pada saat dagingnya sudah dalam keadaan matang. Sekali beli daging di sini 1 Kg, Nah, saya bagi-bagi saja, ada yang dibuat bakso, atau saya giling dibuat hambagu, atau saya bumbui apa gitu. Hihihihihi. Kali ini saya masak sapi lada hitam, karena lada hitam di rumah juga banyak.



Sapi lada hitam
Bahan :
1. 150gram daging sapi
2. 1sdm tepung maizena
3. 3siung bawang putih geprek, lalu rajang
4. 1/3bawang bombay besar, potong kotak
5. 1buah paprika hijau
6. 1bungkus saori saos tiram alias 2sdm saos tiram
7. 1sdm kecap manis
8. 1/2sdt kecap asin
9. Garam secukupnya
10. 140ml air
11. 1sdt lada hitam

Cara membuat :
1. Potong tipis daging biar gampang dikunyah, lalu taburi dengan tepung maizena, remas-remas
2. Tumis bawang bombay, lalu bawang putih hingga harum
3. Masukkan daging, masak hingga berubah warna
4. Masukkan kecap manis, saos tiram, dan kecap asin, aduk rata.
5. Tambahkan air aduk rata kembali.
6. Masukkan lada hitam dan paprika, masak sampai daging matang dan air menyusut sedikit..
7. Tambahkan garam, tes rasa
.
Selamat makan, itadakimasu.



Sapi Lada Hitam, Hasil Eksekusi 7 Januari 2017

Terima Kasih ya Allah atas rezeki, ilmu, waktu dan kesehatan yang Engkau berikan hari ini sehingga saya bisa mengeksekusi dan menikmati masakan ini.
Alhamdulillah

Kofu Shi, Yamanashi Ken, Japan Februari 2017


No comments:

Post a Comment