Thursday 9 February 2017

#014 Puding Lapis Mangga Coklat

Puding Lapis Mangga Coklat



Selamat malam, sekarang jarang pegang hape kalau sudah ketemu anak.. Jadi maaf kalau upload nya sesempatnya saja.. Malam ini mau upload pudding lapis mangga coklat.. Hari minggu beli mangga di gyomu supa, ketemu nya yang beku, isi nya sekitar 7 potong besar setara dengan 3buah mangga harga nya hampir 300yen.. kalau di toko thai, harga satu buah mangga manis nya 476yen belum termasuk pajak. Sebagian dimakan langsung, sebagian dibikin pudding, sebagian lagi masih di kulkas.. resep sendiri.. yang dimasak lapisan B terlebih dahulu.. 
Tapi jujur saya, saya lebih suka buah segar dibanding buah beku seperti ini, tapi maklumlah namanya juga pertama kali saya icip-icip buah beku yang dijual seperti ini. Buah kalengan yang dijual-jual pun saya kurang begitu tertarik. Karena menurut saya lebih enak makan dan membeli buah segar dibanding dengan membeli buah yang dibekukan atau dikalengkan. Apalagi kalau buah nya metik sendiri, lalu masuk kulkas sebentar biar dingin, beuhh rasanya seger banget.
Yuk kita eksekusi pudding sehat ini



Pudding lapis mangga coklat :

Bahan :
Lapisan mangga alias bahan A:
1. 2 irisan mangga setara dengan 1buah mangga
2. 300ml air
3. 3sdm gula putih
4. 1/2bungkus agar-agar plain, saya pakai merk double swallow

Lapisan coklat alias bahan B:
1. 1/2bungkus agar2 plain, saya pake merk double swallow
2. 40gram coklat block
3. 400ml air 
4. 1sdm susu kental manis (yang ini kurang manis, silahkan tambahkan sendiri tingkat kemanisannya)
5. 1sdm gula pasir (silahkan jika mau menambahkan tingkat kemanisannya)
6. 1sdm coklat bubuk

Cara membuat :
1. Campur semua bahan B di panci, lalu aduk rata. Kemudian masak dengan api sedang kecil sampai mendidih.. lalu biarkan uap menghilang beberapa saat, kemudian taruh dicetakan, dinginkan.
2. Blender mangga dengan air dan gula, Kemudian masukkan ke dalam panci, tambahkan agar-agar kemudian aduk rata, lalu masak dengan api sedang kecil sampai mendidih.. biarkan uap hilang beberapa saat.. lalu taruh diatas lapisan coklat yang sudah mengeras..
3. Selesai, siap disantap..

Oh iyah, saya ceritakan sedikit bagaimana pudding lapis ini bisa miring. Pertama-tama saya ambil cangkir cetakannya. lalu saya taruh cangkir cetakannya di atas kotak makan, lalu saya miringkan cangkir nya 45 derajat. Ujung cangkir menghadap ke arah saya, kemudian, saya isi adonan coklat. lalu saya diamkan sekitar 30menit, lanjut dengan masak pudding mangga. Setelah puding mangga selesai dimasak. Pegang dan sentuh pudding coklat dan pastikan pudding coklat sudah agak mengeras dan siap ditimpa dengan pudding mangga. Kembalikan posisi cangkir seperti semula yaitu berdiri seperti biasa. Kemudian taruh pudding mangga yang sudah di masak. Okeh, Selamat mencoba ya..

Itadakimasu, selamat nyemil..
Hasil 3buah cangkir ini, dan 5buah cetakan pie kecil, dan sedikit sisa pudding coklat nya saja di tempat lain.



Terima Kasih ya Allah atas rezeki, ilmu, waktu dan kesehatan yang Engkau berikan hari ini sehingga saya bisa mengeksekusi dan menikmati masakan ini.
Alhamdulillah

Kofu Shi, Yamanashi Ken, Japan Februari 2017


No comments:

Post a Comment