Monday 20 February 2017

#043 Chicken Katsu

Chicken Katsu



Selamat pagi, lagi-lagi dengan chicken katsu. Kesukaan anak saya, request nya minta dibawakan bekal katsudon yaitu Chicken katsu yang ditaruh diatas nasi. Mamak nya seneng kalau anak nya yang request minta dibuatkan atau minta dimasakkan apa. Akira suka menyebutnya tongkatsu. Padahal tongkatsu itu adalah daging babi fillet yang dibaluri dengan tepung panir. Biasalah anak-anak hanya sekedari melihat makanan temennya, lalu terlihat mirip, padahal isi nya berbeda, tapi nyebut nya sama. Anak-anak belum mengerti 😃 Yang penting penampakan luar nya saja yang sama. Padahal punya bento kita isi nya adalah daging ayam. Hihihihihi.. Oh iyah, Chicken katsu ini cara membuat nya mudah sekali. Biasanya nya kalau bikin chicken katsu sebaiknya pakai daging ayam yang dada, bukan yang paha. Tapi saya disini selalu menggunakan paha ayam tanpa tulang, jarang sekali saya menggunakan dada ayam karena di sini tidak ada yang menjual dada ayam fillet atau dada ayam tanpa tulang yang halal. Kalau yang non halal banyak dijual di supa-supa.



Berhubung cuaca dingin, jadi saya tidak berlama-lama di dapur. Soalnya di dapur jam 06 dan jam 07 pagi itu lebih dingin dibandingkan jam 05 subuh. Alhamdulillah anak-anak saya di sini tidak minta yang macem-macem. Tinggal saya mikirin buat makanan papa nya saja, yang perlu ditambahkan lauk seperti apa. Oh iyah, makan chicken katsu ini lebih enak menggunakan saos nya ya.. Soas nya saya beli jadi. Namanya saos tongkatsu, tapi pastikan lagi komposisi nya baik dan halal bagi kita.
Resep masak chicken katsu ini sangatlah gampang.
Bahan :
1. 220-260 gram ayam (Saya pakai paha ayam tanpa tulang)
2. Garam dan lada secukupnya

Pencelup
1. 1butir telur

Pelapis
1. Tepung panko atau tepung panir atau tepung roti

Cara membuat :
1. Tidak semua ayam yang saya pakai, jadi paha ayam yang tebal ini, saya pisahkan daging-daging yang tebal nya. Saya hanya mengambil bagian daging yang menempel di kulit saja.
2. Kemudian, bila daging ayam sudah terlihat tipis, potong daging ayam seseuai selera. kemudian beri lada dan garam.
3. Pukul-pukul ayam sampai tipis, kemudian taruh di kocokan telur lalu masukkan ke dalam tepung panko atau tepung roti atau tepung panir di semua sisi nya, lalu goreng di minyak 180derajat sampai matang.
4. Selesai. Sajikan dengan cara di potong-potong, taruh diatas nasi dan beri saos tongkatsu.

Itadakimasu, Selamat makan



Terima Kasih ya Allah atas rezeki, ilmu, waktu dan kesehatan yang Engkau berikan hari ini sehingga saya bisa mengeksekusi dan menikmati masakan ini.

Alhamdulillah..

Kofu Shi, Yamanashi Ken, Japan Februari 2017

No comments:

Post a Comment