Monday 20 February 2017

#038 Ebi Katsu

Ebi Katsu



Selamat pagi, sudah lama rasa nya tidak upload foto. Maaf lagi agak sibuk dikit dengan hobby ngeblog. Nanti akan launching blog baru, hahahahahaha. Postingan ini adalah postingan bulan februari dengan kesibukan nulis sedikit demi sedikit apa yang ingin saya tuliskan di blog. Sebelumnya, saya menuliskan semua resep nya di instagram dan facebook. Pada saat saya posting ebi katsu ini, saya sedang senang-senang nya menulis di blog. Oh iyah, saya sudah pernah membuat ebi katsu sebelumnya, lalu saya upload juga. Tapi pada saat yang pertama itu saya membuat nya dengan resep yang ada di google. Lalu saya coba, tapi menurut saya kurang begitu enak, karena ebi katsu nya ada campuran tepung nya sedikit, jadi hasilnya agak padat gitu. Nah kali ini saya membuat nya tanpa tepung, hanya bawang bombay dan udang saja trus saya bumbui lada dan garam. Ini rasa nya enak, hanya saja bagi saya sendiri yang biasa membeli ebi katsu pada sat di bazar perikanan, saya merasa rasa nya masih agak berbeda. Kalau yang saya buat ini agak sedikit pada walaupun tanpa tepung, tapi yang saya rasakan atau yang biasa saya beli di bazar perikanan itu, ebi katsu nya masih agak lembut dan juicy dan bawang bombay nya serta udang nya lebih terasa. Saya ingat sekali, penjualnya itu menyimpannya di dalam freezer, pada saat selesai dibuat. 

Nah, kali ini saya membuat nya dengan versi ini dulu ya, nanti saya cari tahu bagaimana cara membuat yang lebih juicy di dalam dan yang lebih terasa. Sebetulnya tergantung selera sih. Karena saya mungkin kebiasaan makan yang seperti itu, jadi menurut saya ini masih agak berbeda dan masih agak padat.


Ebi Katsu ala aku
Bahan :
1. 150gram udang
2. 1/10siung bawang bombay
3. Secukupnya garam
4. Secukupnya lada

Pencelup :
1. Satu butir telur kocok lepas

Pelapis
1. Tepung panko secukupnya

Cara membuat :
1. Udang yang sudah dikupas dan dibersihkan punggung nya, potong kasar.
2. Potong kasar bawang bombay
3. Masukkan bawang bombay dan udang ke dalam chopper, lalu chooper sebentar.
4. Pindahkan ke dalam mangkok, beri lada dan garam
5. Ambil sebagian adonan lalu bentuk dengan menggunakan kedua tangan.
6. Lalu adonan yang di taruh ke dalam kocokan telur, kemudian masukkan ke dalam pelapis tepung panko.
7. Goreng dengan suhu 180 derajat hingga matang.

Selamat mencoba. Oh iyah, hasilnya hanya 5 gorengan seperti ini ya..

Itadakimasu, selamat makan



Terima Kasih ya Allah atas rezeki, ilmu, waktu dan kesehatan yang Engkau berikan hari ini sehingga saya bisa mengeksekusi dan menikmati masakan ini.
Alhamdulillah

Kofu Shi, Yamanashi Ken, Japan Februari 2017



No comments:

Post a Comment