Sunday 12 February 2017

#019 Gule Cumi

Gule Cumi



Selamat pagi di weekend, sarapan saya pagi ini adalah Gule Cumi alias cumi ala-ala padang.. Siapa sih yang gak kangen masakan padang seperti saya yang jauh dari kota padang ini, hehehehe.. Sesekali pengen lah makan-makanan seperti ini. Bersantan-santan, berbumbu rempah. Memang bahan masakan Indonesia itu ngangenin banget. Bau nya yang harum, sangat menggoda selera. Saya kalau di rumah makan padang, kadang bingun maua makan yang mana. Coba bayangin di atas meja, dihidangkan berbagai makanan yang enak-enak. Mulai dari telor dadar padang, ikan goreng kering, ayam bakar, ayam pop, rendang, gule cumi, udang balado, paru balado, daging balado, telur puyuh balado, ikan bakar.. Belum lagi sayur nya, sayur nangka, daun ubi rebus.. Beuh.. Enak-enak semua.. Cabe nya pun enak-enak-enak.. Sambal ijo dan sambalado. Mau diambil semua dan dipilih semua, mantap betoool. Habis itu kepala pusing, pusing bayarnya, hahahahaha.. 
Makan masakan padang ini, bisa nambah-nambah terus.. Apalagi kalau sambal nya balado hijau nya enak, wuih, makan nasi pake kuah rendang dan sambal balado nya aja dah cukup, serius deh saya.. 
Selesai makan, biasanya ada martabak kubang, hahahahaha.. Dibeli pula, mantap benar dah.. Hehehehehe,. Cerita panjang lebar dengan masakan padang, balik lagi ke gule cumi. 
Kali ini cumi nya gendut karena saya isi dengan setengah tahu dan 1butir telur yang saya bumbui pake 2siung bawang merah iris-iris dan 1siung bawang putih iris-iris, garam, kaldu ayam bubuk dan lada.. cara masak ini saya cari di google, searching sana-sini kira-kira isian cumi yang biasa dijual oleh rumah makan padang itu seperti apa. Apa cukup tahu telur saja tanpa rasa, ternyata tahu telur nya juga dibumbui. lalu si tahu telur itu dimasukkan ke dalam cumi yang sudah dibersihkan badannya.. oh iyah ini isi nya untuk dua ekor cumi besar.. lanjut ya, kemudian si cumi ditutup pake tusuk gigi, dan dikukus selama 15menit.. urusan masak cumi nya selesai.. Dan ternyata, masak cumi nya hanya begitu saja, bumbu kuah nya ternyata terpisah. Sempat saya terpikir, kalau masak kuah dan cumi nya itu bersamaan. Jadi badan cumi diisi ,lalu nanti dicemplungkan dengan kuah nya. Oh, ternyata dari yang saya baca-baca masak cumi dan kuah nya berbeda. Masakan padang saya sih masih belajar, ini bumbu nya kuah masih sederhana
Okehlah ini saya bikin resep nya yang rapi, kwkwkwkwkwk (banyak main-mainnya nih).


Gule Cumi :
1. 2ekor Cumi
2. 1/2tahu besar
3. 1butir telur
4. Secukupnya garam
5. Secukupnya lada
6. Secukupnya kaldu ayam bubuk

Bumbu iris
1. 2siung bawang merah
2. 1siung bawang putih

Cara masak cumi nya :
1. Iris-iris bawang merah dan bawang putih
2. Dalam mangkok, siapkan tahu, lalu hancurkan, tambahkan telur lalu aduk rata.
3. Tambahkan bawang merah iris dan bawang putih iris, garam lada dan kaldu bubuk. Isian cumi sudah siap
4. Cuci bersih cumi, buang tulang belakang cumi, lalu isi cumi dengan isian. jangan terlalu padat karena pada saat dikukus, badan cumi akan mengembang karena isiannya.
5. Panaskan kukusan, bila telah mendidih, masukkan cumi ke dalam kukusan. Kukus cumi selama 15menit. Selesai

Kuah nya :
1. 2siung bawang merah
2. 1siung bawang putih,
3. 1/2sdt jahe halus
4. 1ruas jari lengkoas
5. 1/2ruas jari kunyit
6. 1 buah kemiri
7. 3batang cabe
8. 1 sereh
9. 2lembar daun salam
10. 2lembar daun jeruk
11. 170ml santan kental kara  
12. 80ml air 
13. 1/2sdt garam 

Cara membuat kuah nya :
1. Haluskan bawang merah, bawang putih, kunyit, kemiri, dan cabe
2. Tumis bumbu halus lalu masukkan jahe, lengkoas geprek, sereh geprek, daun salam, daun jeruk, masak hingga harum.
3. lalu masukkan santan dan air, tes rasa, tambahkan garam, masak hingga kental.

Penyelesaian : Masukkan cumi ke dalam kuah santan, sajikan bersama nasi dan bawang goreng..
Mantaps, itadakimasu, selamat makan.


Terima Kasih ya Allah atas rezeki, ilmu, waktu dan kesehatan yang Engkau berikan hari ini sehingga saya bisa mengeksekusi dan menikmati masakan ini.
Alhamdulillah

Kofu Shi, Yamanashi Ken, Japan Februari 2017


No comments:

Post a Comment