Tuesday 21 February 2017

#050 Tempe Mendoan

Tempe Mendoan



Selamat siang di hari minggu dengan tempe mendoan bikinan dan ala-ala saya sendiri. Kangen tidak dengan tempe? Jujur saja, kalau saya sendiri di sini, kadang-kadang kangen dengan tempe. Mau dibuat apa saja olahan tempe nya semua enak. Eh, tapi di Jepang ini, ada kedele yang diolah menjadi nato. Orang Jepang sih suka banget, saya pertama kali nyoba, karena sugesti dari suami yang tidak suka, maka saya jadi ikutan tidak suka. Semua sensei saya suka nato. Nato itu memang menyehatkan. Begitupula dengan tempe, menurut saya tempe itu memang enak. Digoreng kering, dibuat mendoan, dibuat tepung, bikin orek tempe, dibikin kering tempe, tempe bacem dan lainnya. Uh, kebanyak tempe yang dijual di abang gorengan dan di warung makan. Sebelum berangkat ke Jepang, anak saya suka banget dengan tempe mendoan, soalnya rasa nya gurih dan ada daun bawang nya sedikit. apalagi kalau digoreng garing kering. Okeh, ini saya buatkan resepnya, tapi takarannya kira-kira sendiri ya..

Bahan :
1. Tempe, iris tipis melebar..
2. Tepung terigu
3. Garam
4. Ketumbar bubuk
5. Kunyit bubuk
6. Bawang putih halus
7. Lada
8. Daun bawang, iris tipis
9. Air secukupnya

Cara membuat :
1. Campur terigu, garam, ketumbar halus, kunyit bubuk dan lada, lalu Aduk rata
2. Tambahkan air secukupnya, tidak encer dan tidak terlalu kental.
3. Tambahkan daun bawang ke dalam adonan tepung.
4. Masukkan tempe satu persatu lalu goreng dalam minyak panas.

Itadakimasu..

Terima Kasih ya Allah atas rezeki, ilmu, waktu dan kesehatan yang Engkau berikan hari ini sehingga saya bisa mengeksekusi dan menikmati masakan ini.
Alhamdulillah

Kofu Shi, Yamanashi Ken, Japan Februari 2017


No comments:

Post a Comment