Sunday 19 February 2017

#034 Miles Crepes

Miles Crepes



Selamat siang di hari libur yang dingin ini dengan miles crepes, edisi perdana bikin. Banyak banget resep bertebaran, hanya bingung pilih yang mana. Mau mencoba yang ini dulu. Crepesnya dibuat pake susu cair dan cream nya dibuat pake whipped cream. Resep diambil instagram resep roemah. Kue ini banyak banget dijual di supa-supa, bikin ngiler aja karena di Indonesia tidak ada yang jual kue seperti ini, maka nya saya sangat penasaran dengan cara membuat nya. Kalau di combini ada juga yang dijual gulung, yaitu satu kulit crepes nya diisi dengan krim. Tapi jujur saya belum pernah beli crepes gulung, tapi kalau crepes yang seperti ini, saya sudah pernah membeli dan mencicipi nya, alhamdulillah enak. Sekarang, kita bikin saja dengan nmembeli bahan mentah nya. Ini saya bener-bener lagi rajin banget. Tapi rajin nya ditunda-tunda. Hehehehe. Pake ditinggal pergi dulu si adonan crepes nya. Pada saat saya melayer dan menyusun crepes ini, si anak gadis cantik sudah nongkrong berdiri di dekat saya, sambil mencoba mencolek-colek cream dan sambil makan kulit crepes nya.. kwkwkwkwkwk.. Duo anak saya suka, mungkin karena cream nya yang enak seperti isi donat yang di supa-supa.. ini saya tulis kembali resep nya..



Bahan :
1. 330ml susu cair
2. 2butir telur
3. 100gram tepung
4. 2sdm mentega cairkan

Cream :
1. 200ml whipped cream
2. 1sdm air jeruk nipis atau air lemon
3. 30gram gula pasir.

Cara membuat :
1. Kocok ringan telur, tambahkan mentega dan susu, aduk rata
2. Tambahkan tepung terigu, aduk rata kembali.
3. Tutup mangkok dengan plastik wrap, diamkan di kulkas semalaman.
4. Keluarkan adonan dari kulkas, saring agar halus dan tidak ada yang bergerindil.
5. Panaskan teflon, saya pakai teflon ukuran 20cm, ambil 1/2 sendok sayur, lalu dadar tipis. Lakukan sampai adonan habis..
Jika sudah selesai, dinginkan, tutup dengan plastik wrap, bisa simpan di dalam kulkas.

Cara membuat cream :
1. Dalam mangkok sipkan whipped cream dan air lemon, kocok dengan kecepatan tinggi hingga kaku sekitar 5-6menit.
2. Kemudian tambahkan gula, aduk rata kembali, kocok sekitar 1menit saja.

Penyelesaian :
1. Ambil satu kulit crepes, lalu olesi dengan whipped cream yang sudah dikocok, kemudian tumpukan lagi dengan kulit crepes, lalu tambahkan whipped cream lagi, lakukan sampai habis dan selesai..

Itadakimasu, selamat makan..



Hasil Eksekusi 8 Januari 2017

Terima Kasih ya Allah atas rezeki, ilmu, waktu dan kesehatan yang Engkau berikan hari ini sehingga saya bisa mengeksekusi dan menikmati masakan ini.
Alhamdulillah

Kofu Shi, Yamanashi Ken, Japan Februari 2017

No comments:

Post a Comment