Sunday 12 February 2017

#021 Nasi Goreng Kulit Ikan Saba

Nasi Goreng Kulit Ikan Saba


Selamat pagi di jumat barokah.. Sarapan saya pagi ini nasi goreng pake kulit ikan sabba.
Resep nya sih masih seperti yang dulu-dulu saja, hanya saja saya nya saja yang ganti-ganti isian di nasi gorengnya. Masih belajar motret di pagi hari ini.. Suka sekali dengan telur setengah matang nya yang menggoda selera. Kalau di Jepang ini, semua telur nya sudah bersih, tidak ada yang nama nya kotoran ayam yang menempel di kulit telur ayam nya. trus juga kulit telur ayam nya ada yang warna putih ada juga yang berwarna coklat. Kemudian ada ukuran nya juga bervariasi ada yang M dan L. Kalau S dan XL ada gak ya?? Hahahaha, saya lupa.. Biasa nya saya hanya ketemu dengan ukuran L dan M saja.. Trus telur yang dijual ini juga ada batas atau masa expired nya. Biasanya sih kalau saya perhatikan sampai 2 minggu kedepan. Nah, kalau di jepang ini, orang jepang itu paling suka makan denga telur mentah, kadang hanya setengah mateng juga. Nih anak saya juga ikut-ikutan makan kuning telur ny saja tanpa dimasak. Ini adalah ajaran dari papa Akira. Makan nasih putih sama kuning telur mentah yang dikocokkan dan dicampurkan dengan shoyu. Lalu kocokan kuning telur itu dimasukkan dengan nasi, udah, makannya begitu saja. Akari suka banget tuh makan begitu saja. Ya, tidak apa-apa sehat juga.. Hihihihi..
Kalau kami sekeluarga, pernah juga masak telur setengah matang, menurut saya sih, memang enak masak telur ceplok setengah matang gitu ditambah lada dan garam sedikit. Harum lho, makan nya pakai nasi panas, duh tambah deh, diabetes. Tapi mudah-mudahan kita dijauhkan dengan penyakit itu. Amin.

Mengapa saya posting nasi goreng kulit ikan sabba. Karena kemaren saya beli ikan sabba, lalu dagingnya saya buat pempek, dan bersisa lah si kulit ini. Nah, si emak-emak yang super irit ini, memanfaatkan kulit ikan sabba ini. kulit ikan sabba nya saya potong-potong, lalu saya gorengkan dinasi goreng. Saya beli ikan sabba nya ini sedikit, jadi nanggung banget kalau saya harus membuat pempek kulit untuk kulit yang sedikit ini.

Resep nasi goreng saya
Bahan :
1. 1piring nasi 
2. Kulit ikan sabba potong, lalu goreng sebentar, sisihkan
3. 1butir telur, goreng beri sedikit lada dan garam di atasnya sisihkan
4. 2siung bawang merah
5. 1siung bawang putih
6. 2sdm kecap manis
7. 1sdt kecap inggris
8. 1/2sdt kecap asin
9. secukupnya lada, garam dan kaldu bubuk
10. Cabe opsional, silahkan bila ingin ditambahkan

Cara membuat :
1. Tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum, masukan nasi, lalu aduk rata
2. Tambahkan kulit ikan sabba yang sudah digoreng tadi lalu masukkan semua kecap, lalu aduk rata
3. Tambahkan bumbu lain nya, aduk rata dan tes rasa.
4. Hidangkan nasi, bersama telur, potongan timun dan kol serta tomat. Kalu ada acar timun, lebih enak lagi.. Hehehehe..

Mari sarapan.. itadakimasu..


Terima Kasih ya Allah atas rezeki, ilmu, waktu dan kesehatan yang Engkau berikan hari ini sehingga saya bisa mengeksekusi dan menikmati masakan ini.
Alhamdulillah

Kofu Shi, Yamanashi Ken, Japan Februari 2017

No comments:

Post a Comment