Monday 20 February 2017

#042 Hambagu

Hambagu


Selamat malam, ini makanan saya siang ini. baru sempat diposting malam2. Ini request anak sholeh. Anak saya mau nya hambagu melulu dan chicken katsu dan karaage. Paling senang dengan masakan papa nya. Tapi yang ini, saya yang membuat, resepnya dari papa Akira. Papa Akira suka mencari resep lewat cookpad Jepang. Saya pernah datang ke rumah orang Jepang, yaitu ke rumah sensei saya, pada saat itu saya membawa bento sendiri yaitu yakisoba. Kemudian saya melihat beliau makan hambagu dengan isian daging babi dan daging sapi. Lalu saya bertanya pada beliau bagaimana cara beliau membuat hambagu nya. Ternyata pas saya mendengar penjelasan beliau, resep saya dan resep beliau sama. Cuma daging saja yang berbeda. Untuk ukuran daging giling 200gram, kita menggunakan 1 butir telur. Untuk daging dengan berat 400gram, menggunakan dua butir telur. Trus kalau bisa, pada saat meracik nya, daging nya sampai keluar lendir sehingga daging yang dimasak nanti, masih juicy atau masih mengandung minyak-minyak begitu, tidak keras. Ini sebenarnya tergantung cara mengolah dan cara menggoreng ya.. Okeh, langsung saja meluncur ke resep ya.



Bahan:
1. Daging giling 200 gram
2. Bawang bombay 1/4siung (besar)
3. Telur 1 butir
4. Garam 2 gr (1/3 sendok teh)
5. Lada sedikit
6. Tepung roti 10 gram
7. Bubuk kaldu ayam 2 gram (1/3 sendok teh)
8. Saos tiram 1/2 sendok teh

Cara Membuat :
1. Bawang bombay dirajang (potong kecil), lalu ditumis sampai kecoklatan. Biarkan sampai panasnya hilang.
2. Siapkan mangkok adonan. Masukkan daging giling, telur, bawang bombay yang sudah ditumis, dan semua sisa bahan.
3. Aduk semua bahan dengan cepat. Setelah semua bahan tercampur, ulen dengan tangan sampai berlendir.
4. Bagi adonan menjadi lima bagian. Bentuk dengan tangan (pakai dua tangan sambil dipindah-pindah), lalu bungkus dengan plastik wrap. Usahakan daging dibentuk dengan setipis mungkin
5. Simpan di kulkas agar adonan sedikit mengeras.
6. Goreng dengan sedikit minyak dan api sedang-kecil, satu sisi selama kurang lebih 5 menit, lalu dibalik sisanya selama 3-5 menit.
7. Hidangkan dengan saos. saos nya ini adalah saos tongkatsu dicampur dengan saos tomat dengan perbandingan 1:1. Pastikan saos tongkatsu nya halal alias tidak mengandung daging babi atau niku lainnya.

Sumber nya bisa dilihat di sini :

https://oryouri-matome.com/basic/hamburg.html
--

Itadakimasu, selamat makan


Hambagu, Hasil Eksekusi 10 Februari 2017

Terima Kasih ya Allah atas rezeki, ilmu, waktu dan kesehatan yang Engkau berikan hari ini sehingga saya bisa mengeksekusi dan menikmati masakan ini.
Alhamdulillah

Kofu Shi, Yamanashi Ken, Japan Februari 2017


No comments:

Post a Comment