Monday 20 February 2017

#041 Karaage

Karaage



Selamat pagi dengan karaage. Ada banyak versi karaage saya, suka-suka yang masak, mana yang terbaik bagi saya.. hehehehehe.. Kali ini seperti lebih enak dari yang sebelum-sebelumnya, ayam nya lembut, bagian dalam nya masih juicy dan bagian luar nya crunchy. Ternyata trik nya adalah di tahap penggorengan. Jika anda mau dalam nya masih juicy, maka biarkan ayam dimasak di suhu 180 derajat dengan suhu stabil. Jadi saya punya kompor yang api nya bisa dipakai dengan suhu stabil di 180 derajat sampai matang. Atau jika anda ingin mendapatkan solusi yang lain, yaitu menggoreng ayam nya menggunakan teknik 2x penggorengan. Yaitu pertama goreng ayam dengan api kecil, lalu kemudian angkat. Kemudian panaskan lagi minyak hingga benar-benar panas, lalu masukkan lagi ayam yang sudah digoreng. Ini tujuannya agar ayam dan tepung di bagian luar menjadi kering dan garing. Sehingga penampakan nya dari luar kering, tidak berminyak, namun dibagian dalamnya ayam nya penuh dengan minyak alias juicy. Ini yang paling disukai oleh papa Akira. Yang paling khas dari ayam karaage ini adalah rasa jahe nya.


Bahan :
1. 260gram paha ayam tanpa tulang
2. 1sdt shoyu atau kecap asin
3. 1/2sdt jahe halus
3. 1siung bawang putih haluskan
4. 1/2sdt garam
5. Sedikit lada
6. 1butir telur
7. 8sdt tepung kanji
8. 8sdt tepung terigu

Cara membuat :
1. Potong-potong ayam, masukkan ke dalam mangkok, lalu beri jahe, kecap asin dan bawang putih, remas-remas. Diam kan sebentar.
2. Campur ayam td dengan lada dan garam.. remas-remas kembali. Diamkan sebentar
3. Masukkan 1butir telur ke dalam mangkok ayam, remas-remas kembali.
4. Dimangkok terpisah, siapkan tepung kanji dan tepung terigu, ambil masing-masing 4sdt, aduk rata.
5. Masukkan sebagian potongan ayam alias setengah nya saja dulu ke dalam campuran tepung.. tutup mangkok tepung, koncang-koncang. buka tutup mangkok lalu goreng dengan minyak 180derajat, sampe kecoklatan.
6. Ulangi kembali point no 4 dan 5 untuk sisa ayam dan tepung.

Untuk resep karaage yang lain bisa di lihat dan dicari di blog saya yang lama karaageversipapa atau bisa dibuka di link ini juga 

Itadakimasu, Selamat Makan



Terima Kasih ya Allah atas rezeki, ilmu, waktu dan kesehatan yang Engkau berikan hari ini sehingga saya bisa mengeksekusi dan menikmati masakan ini.
Alhamdulillah

Kofu Shi, Yamanashi Ken, Japan Februari 2017

No comments:

Post a Comment