Thursday 9 February 2017

#012 Super Moist Chocolate Steam Cake

Super Moist Chocolate Steam Cake



Selamat pagi teman-teman semua.. postingan saya pagi ini adalah super moist chocolate steam cake, yang saya intip dari ig nya Sandraasilvera , resep dari Tintinrayner.. Kue nya enak banget, kami sekeluarga suka.. Alhamdulillah, langsung ludes.. kwkwkwkwkwk.. lembut dan manis nya pas, bahan nya juga sedikit dan masaknya juga tidak ribet serta hasilnya juga gak banyak-banyak.. Cukup pake loyang loaf pan yang ukuran kecil.. Kalau saya pake loyang ukuran 18cm x 6cm x 5 cm.. kukusan saya ukuran 20cm.. Alhamdulillah muat.. Saya sendiri paling senang nyemil makanan yang seperti ini, kue kukus, padet tapi lembut, lembut nya bukan karena tepung yang suka membuat tenggorokan nyangkut. Tapi ini lembut butter yang enak. Saya suka sekali tekstur kue yang seperti ini. Alhamdulillah..

Terima kasih mbak Sandraasilvera atas recook nya dan terima kasih mbak Tintinrayner atas resep nya.. Oh iyah, resep tintin rayner ini banyak lho di IG dan Cookpad, kue-kue nya menggoda selera semua, gambarnya cakep-cakep dan kelihatannya (kelihatannya lho ya, karena saya belum eksekusi semua resep beliau) semua nya enak 😄

Saya tulis ulang ya resep nya..



Bahan :
1. 90gram margarin (saya pakai 60gram butter dan 30gram margarin)
2. 100gram gula pasir
3. 100gram susu cair full cream (saya pakai susu bubuk dancow coklat 24gram lalu saya tambahkan air hingga beratnya menjadi 100gram)
4. 1butir telur kocok lepas
5. 50gram tepung kunci (saya pakai tepung terigu protein tinggi)
6. 25gram coklat bubuk (saya pakai merk van houten)
7. 1/4sdt baking powder + 1/4sdt soda kue (saya pakai 1/2sdt baking soda, soalnya biasanya pahit kalau pakai baking powder)
8. 1/4sdt vanila essens atau rhum (saya pakai pasta vanilla)

Cara membuat :
1. Dalam panci campur margarin, butter, gula dan susu cair aduk rata lalu panakan dengan api kecil hingga butter dan gula larut, tidak perlu sampai mendidih.. lalu matikan api, biarkan hangat.
2. Masukkan telur ke dalam panci dan pasta vanilla
3. Di wadah terpisah Campur tepung terigu, coklat bubuk dan soda kue.. lalu ayak dan masukkan ke dalam panci campuran butter tadi, kemudian aduk rata..
4. Panaskan kukusan, siapkan loyang loafpan, lapisin dengan kertas baking.. tuang adonan kue coklat ke dalam loyang.. kemudian kukus selama 25menit dengan api sedang kecil.. jangan lupa tutup kukusan dilapisin dengan serbet..

Selamat mencoba..
Itadakimasu..



Terima Kasih ya Allah atas rezeki, ilmu, waktu dan kesehatan yang Engkau berikan hari ini sehingga saya bisa mengeksekusi dan menikmati masakan ini.
Alhamdulillah

Kofu Shi, Yamanashi Ken, Japan Februari 2017

No comments:

Post a Comment