Saturday 11 February 2017

#016 Sushi Maguro No Tataki

Sushi Maguro No Tataki


Selamat pagi dengan sushi maguro no tataki.. Kalau di Jepang itu banyak banget yang nama nya sushi. Sebetulnya di Jepang ini semua dibuat demi memudahkan semua orang. Supermarket, kombini, dan semua tempat makan dan minuman tersedia di berbagai tempat di Jepang. Ada yang buka sampai 24 jam seperti kombini seven eleven dan lawson, ada yang hanya buka selama 12 jam dari jam 09.30 sampai  jam 21.30 dan ada juga yang buka hanya pas jam siang 11.00 s/d jam 15.00 trus buka kembali jam 17.00 s/d 21.00. Nah kalau minuman pasti ada di mana-mana dan sangat mudah menemukan nya, yaitu jidouhanbaiki itu. Jadi gak mungkin sulit cari makanan dan minuman kalau tinggal di jepang, yang penting uang nya ada. Hehehehe..

Kalau sushi seperti ini dijual ditempat sushi khusus juga ada, di jual disupermarket juga banyak. Jadi suppermarket nya menjual sushi atau makanan siap makan. Trus kalau gak habis atau mau expired pada hari yang sama juga, biasa nya makanan yang siap makan ini, didiskon atau disale. Sale nya antara 10% s/d 50%. Nah biasanya diskon nya itu pas mau malam atau berganti hari. Saya kalau malas masak atau mau pergi buru-buru, biasanya kami membeli makanan jadi di supermarket atau di kombini. Salah satu nya suka beli sushi yang seperti ini. Sushi ini enak. Isi nya ikan maguro halus, lalu diberi topping daun bawang. Isinya biasanya banyak dan kecil, lebih kecil dari ukuran yang saya buat ini. Harga nya biasanya sekitar 380an Yen, isi 8-10 Sushi seperti ini.


Nah, saya itu orang nya suka melihat dulu makanan yang ingin dibuat, saya beli, saya rasakan, lalu baru saya bikin. Dan saya lihat juga sikonnya, apakah makanan ini disukai anak-anak dan papa nya atau tidak. Kebanyakan makanan jadi yang dibeli ini adalah atas rekomdasi papa Akira juga. Yang ini enak, yang itu enak. Komentar papa nya "Kapan-kapan bikin sendiri atau coba bikin". Udah, akhirnya saya bikin saja dengan membeli ikan maguro no tataki nya di supa. Mumpung pas sekarang lagi ada. Soalnya makanan di Jepang suka ganti-ganti karena bahan nya tergantung musim. Saya sajikan sushi ini pas sarapan untuk anak-anak, biar anak-anak makan nya bisa cepat, tidak ribet dan langsung bisa pergi sekolah on time kalau saat nya bangun kesiangan. Anak-anak soalnya suka tidur malam, sejak sekolah, sitirahat siang suka tidak ada, jadi mereka istirahat nya sedikit, hanya malam saja, jadi kalau pagi-pagi suka bangun kesiangan.

Okehlah banyak cerita, saya tuliskan bahan dan cara membuat nya.

Bahan nya :
1. Nasi
2. Maguro Halus alias maguro no tataki
3. Nori Besar
4. Daun Bawang

Pelengkap :
1. Shoyu alias kecap asin Jepang
2. Wasabi alias cabe Jepang yang warna hijau itu

Cara membuat *
1. Siapkan alas sushi atau alat sushimaki
2. Taruh nori besar diatas nya
3. Taruh nasi diatas nya sedikit menyebar diatas nori setipis mungkin
4. Kemudian taruh maguro no tataki di bagian agak depan sekitar 3cm ujung nori.
5. Gulung dan padatkan.
6. Kemudian potong sushi, jangan lupa setiap memotong sushi, pisau selalu dicelupkan ke air dengin agar nasi tidak lengket dan sushi tidak hancur pada saat dipotong.
7. Tata sushi seperti gambar dan beri irisan daun bawang.
8. Siap disantap dengan shoyu dan wasabi.

Selamat makan.. Itadakimasu..
Selamat pagi teman, selamat beraktivitas, selamat sarapan.. 




Terima Kasih ya Allah atas rezeki, ilmu, waktu dan kesehatan yang Engkau berikan hari ini sehingga saya bisa mengeksekusi dan menikmati masakan ini.
Alhamdulillah

Kofu Shi, Yamanashi Ken, Japan Februari 2017

No comments:

Post a Comment