Tuesday 21 February 2017

#052 Gyudon Japanese Beef Bowl

Gyudon


Selamat pagi di weekend dengan Japanese Beef Bowl alias gyudon. Pagi ini serasa pergi makan di Yoshinoya. Tapi kali ini bikin sendiri, resep sudah pernah saya share sebelum nya. Sebenernya nih daging mau dibikin beef teriyaki, tapi semalam bikin ini, eh, dicoba sama anak, trus sarapan mau ini lagi. Jadi bikin lagi agak banyakan. Sejak di Jepang, ternyata makan daging itu terasa enak sekali, apalagi campurannya dengan bawang bombay dan kecap-kecapan. Bau bawang bombay itu harum sekali, suka mengundang selera makan. Tapi saya sendiri kalau kebanyakan makan daging, suka pusing. Masak ini enak sekali, apalagi kalau daging nya lembut. Anak saya saja mau request lagi. Mereka memang suka makan daging di sini. Alhamdulillah.

Kali ini matahari lagi bagus, bersinar terang dan tidak mendung, jadi hasil memotret nya juga terang dan cakep. Bersahabat sekali cahaya nya. Yuk langsung saja saya tulis resep nya untuk di blog ini. 

Gyudon itu berasal dari kata gyu dan don yang artinya gyu adalah daging sapi dan don adalah nasi di mangkok. Jadi gyudon adalah daging sapi yang ditaruh diatas semangkok nasi. Yang lain ada istilah katsudon, tendon dan lainnya.


Japanese beef bowl atau Gyudon.

Bahan :
1. 300gram daging potong slice tipis
2. 1buah bawang bombay besar, iris memanjang.
3. 6sdm kecap asin
4. 4sdm kecap manis
5. 2sdt kaldu ikan
6. 1sdt jahe halus
7. 600ml air

Cara membuat :
1. Panaskan air campur dengan kaldu ikan, aduk rata.
2. Masukkan kecap manis dan kecap asin, lalu aduk rata. Matikan api, lalu masukkan daging, biarkan daging berubah warna selama 2menit.
3. Lalu angkat daging, nyalakan kembali api sedang, masukkan bawang bombay yang sudah diiris memanjang. Masak selama 5 menit dengan api sedang dan panci tertutup.
5. Masukkan kembali daging dan jahe masak dengan api sedang dan panci tertutup sampai bawang bombay layu.
6. Selesai
Itadakimasu, selamat makan.


Terima Kasih ya Allah atas rezeki, ilmu, waktu dan kesehatan yang Engkau berikan hari ini sehingga saya bisa mengeksekusi dan menikmati masakan ini.
Alhamdulillah

Kofu Shi, Yamanashi Ken, Japan Februari 2017

No comments:

Post a Comment