Sunday 19 February 2017

#028 Custard Pudding

Custard Pudding



Selamat sore, cemilan sore ini, custard pudding. Setelah kemaren dapet kue Imagawayaki dari pemilik rumah yang rasa custard, kali ini saya bikin lagi pudding custard nya. Kalau suka belanja di supa ogino, kadang anak saya pengen puding yang dijual ini. Tapi puding yang dijual ini, kebanyakan pakai gelatin. Kelihatannya enak sekali, tapi puding nya lembut sekali, tapi seperti nya tinggi kalori karena bahan yang dibuat menggunakan gula dan telur. Lalu lapisan atas nya ditambahkan karamel lagi. Pertama kali saya membuat puding ini, saya menggunakan alas serbet dibagian bawah kukusannya. Tapi kali ini, saya menggunakan kukusan biasa tanpa alas. Dan pertama kali saya membuat puding ini, saya membuat karamel nya terlebih dahulu, selanjutnya bar membuat puding nya. Tapi kali ini, saya membuat nya yang lebih gampang dan lebih mudah juga makan nya. Yaitu saya membuat pudding nya terlebih dahulu, baru lanjut membuat karamel nya. Jadi karamel nya saya letakkan diatasnya. Makannya juga tidak perlu dibalik lagi, karena pada saat dibalik, biasanya puding nya jadi tidak terlihat cantik karena ada berlubang-lubangnya. Jadi lebih baik membuat nya seperti ini.

Yuk, silahkan kalau ada yang mau mencobanya, cara membuatnya mudah dan cepet banget. Oh iyah, satu resep ini jadi nya 4 gelas seperti ini ya. 1gelas nya sudah dimakan duluan, biasa saya mau icip-icip dulu, hehehehehe..



Bahan :
1. 3butir telur
2. 240ml susu cair
3. 7sdm gula (tapi bagi saya ini terlalu manis, mungkin cukup 3-5sdm saja)
4. 1/4sdt vanili bubuk.

Bahan karamel :
1. 3sdm gula
2. 1,5sdm air
3. 1,5sdm air panas untuk selanjutnya.

Cara membuat :
1. Aduk telur dan gula sampai gula larut.
2. Masukkan susu dan vanila bubuk.
3. Saring adonan yang sudah tercampur. Lalu masukkan ke dalam mangkok/cangkir.
4. Panaskan kukusan terlebih dahulu. Tutup kukusan dilapisin dengan serbet.
5. Bila kukusan sudah panas, baru kukus adonan yang sudah dituang ke dalam cangkir, kukus dengan api kecil selama 15menit.
6. Lalu diamkan sejenak dalam kukusan minimal 10menit. Angkat, boleh disimpan di dalam kulkas.

Cara membuat karamel :
1. Panaskan air dan gula dalam panci, kemudian gotang-goyangkan panci. Lalu bila telah berbuih, masukkan air panas 1,5sdm.
2. Kemudian tuang karamel segera ke dalam pudding cangkir.

Selamat mencoba..
Itadakimasu..


Custard Pudding, Hasil Eksekusi 2 Januari 2017

Terima Kasih ya Allah atas rezeki, ilmu, waktu dan kesehatan yang Engkau berikan hari ini sehingga saya bisa mengeksekusi dan menikmati masakan ini.
Alhamdulillah

Kofu Shi, Yamanashi Ken, Japan Februari 2017

No comments:

Post a Comment