Wednesday 8 February 2017

#006 Ikan Kembung Bakar Padang

Ikan Kembung Bakar Padang


Selamat siang dengan ikan kembung bakar padang ala-ala saya.. Kwkwkwkwkwk, saya sangat penasaran banget ingin membuat ikan bakar yang bumbu kuning nya masih lengket dan meresap di badan nya.. Karena hidup di Jepang ini, tidak ada yang jual masakan padang kalau di propinsi Yamanashi ini, Jadilah saya berusaha bikin sendiri. Saya hanya masak dua ekor ikan kembung ini. Kalau di Jepang ini ikan ini bernama ikan Aji. Satu ekor buat dimakan buat saya dan suami, anak saya sih tidak makan ikan bakar ini karena agak pedas. Lalu tadi saya bawa satu ekor buat icip-icip ke sensei dan teman saya, Alhamdulillah mereka suka.. Sensei saya makan nya lahap sekali.. Dulu temen saya kasih tau, kalau saya suka masak, lalu sensei saya minta diperlihatkan foto nya.. kemudian, sensei bilang tolong perlihatkan.. Ya sudah, kali ini saya coba bawa dan icipin masakan Indonesia ini..  Ikan bakar padang yang agak pedes dikit (tapi bagi aku pedes banget)..  kwkwkwkwkwk.. sama tahu kuning di foto sebelum nya.. Makannya sama nasi.. Mumpung minggu ini tidak begitu dingin, jadi mulai berkreasi lagi di dapur..  Alhamdulillah semua suka termasuk suami saya juga. Oh iyah, resep ini diambil dari instagram Rikhatiwi .. Terima kasih mbak sudah berbagi resep.. enak-enak-enak.. saya merasa berhasil bikin nya.. Oh iyah, ini saya masak nya pakai frying pan karena ikan kembung nya ini besar, kalau masuk panci tidak cukup. Jadi pakai masak bumbu nya pakai alat masak yang menyesuaikan dengan ukuran ikan ya..



Okeh, saya tulis resep nya:

Bahan :
1. 2ekor ikan aji alias ikan kembung besar ini..
2. 65ml santan kental
3. 300ml air
4. 1jeruk nipis
5. Garam secukupnya
6. Gula secukupnya
7. 1/2sdt kaldu bubuk

Bumbu halus :
1. 15cabe merah (saya pakai 5cabe merah) atau sesuai selera
2. 5cabe rawit merah (tidak pakai karena tidak punya)
3. 8siung bawang merah
4. 4siung bawang putih
5. 1jempol kunyit
6. 1/2jempol jahe (saya pakai jahe halus satu sendok teh)

Bumbu lain :
1. 1lbr daun kunyit (tidak punya)
2. 3lbr daun salam (sedang kehabisan stok)
3. 3lbr daun jeruk
4. 1buah asam kandis (tidak punya)
5. 1batang serei..

Cara membuat :
1. Bersihkan ikan, lalu kerat badannya.. kemudian lumurin dengan air jeruk nipis, lalu beri garam.. diamkan selama minimal setengah jam.. lalu cuci bersih ikan..
2. Haluskan bumbu halus..
3. Di frying pan masukkan santan, air, bumbu halus, dan bumbu lainnya..
4. Nyalakan api, aduk rata, masak santan sampai air menyusut menjadi setengah nya..
5. Masukkan ikan kembung ke dalam frying pan, masak hingga air menyusut dan bumbu kental.. matikan api
6. Diamkan ikan selama minimal 3jam.. saya diamkan semalaman karena masak nya sore..
7. Besok pagi nya baru saya bakar bersama bumbu nya, dibolak balik agar matang merata..

Itadakimasu, Selamat makan


Terima Kasih ya Allah atas rezeki, ilmu, waktu dan kesehatan yang Engkau berikan hari ini sehingga saya bisa mengeksekusi dan menikmati masakan ini.
Alhamdulillah

Kofu Shi, Yamanashi Ken, Japan Februari 2017

No comments:

Post a Comment