Tuesday 21 February 2017

#046 Beef Yakiniku

Beef Yakiniku


Selamat pagi dengan beef yakiniku, Japanese grill meat. Sebetulnya beef yakiniku itu enak sekali, apalagi di Jepang ini daging nya enak, berbeda dengan daging yang lain. Mungkin pemeliharaan dan nutrisi yang diberikan pada sapi nya berbeda. Soalnya pas pertama-tama saya tinggal di Jepang dan masih belum ngeh dengan kehalalan daging sapi dan daging ayam yang di jual, saya mencicipi daging sapi dan ayam yang dijual di supa-supa serta masih menikmati makanan jadi seperti yoshinoya dan sukiyaki. Nikmati sekali makan daging seperti itu. Apalagi makan sukiyaki ya, enak sekali. Saya pernah diajak sama orang Jepang, teman papa Akira makan sukiyaki, tapi pada saat itu, saya sudah tahu tentang halal dan tidak halal daging sapi di Jepang. Jadi saya tidak makan, saya hanya mencium bau nya yang harum saja. Harum dan terlihat enak sekali. 
Kalau nonto di televisi, beef yakinikinu ini terlihat enak sekali, apalagi pas di potong, minyak daging nya keluar dan daging nya masih terlihat setengah matang. Daging yang telah dipanggang, hangat-hangat lalu dikasih perasan jeruk lemon, enak betul.


Cara membuat nya :
1. Daging dipanggang setengah matang. Kalau saya manggang dagingnya di kompor bagian bawah, bolak balik. Jika sudah tampah terbakar bagian luar nya angkat.

Sajikan dengan saos shoyu plus bawang putih dan saos dari mizkan. Jangan lupa kasih perasan jeruk nipis atau lemon.

Selama di Jepang, bila saya ingin membeli daging seperti ini bisa dibeli di okubo, toko Indonesia online dengan pilihan sapi tanpa tulang. Daging sapi seperti ini bisa diolah menjadi beef yakiniku atau beef teriyaki atau olahan daging sapi yang lainnya.

Okeh, selamat sarapan, itadakimasu..


Terima Kasih ya Allah atas rezeki, ilmu, waktu dan kesehatan yang Engkau berikan hari ini sehingga saya bisa mengeksekusi dan menikmati masakan ini.
Alhamdulillah

Beef Yakiniku, Hasil Eksekusi 5 Desember 2016

Kofu Shi, Yamanashi Ken, Japan Februari 2017

No comments:

Post a Comment