Wednesday 8 February 2017

#007 Tahu Tempe Bacem

Tahu Tempe Bacem


Selamat soreh menjelang malam.. hari ini saya masak tempe dan tahu bacem buat nanti malam.. saya lagi seneng makan yang manis-manis.. Kangen masakan eyang ti alias ibu mertua yang tinggal di Bintaro, dan juga karena melihat instagram bunda_didi yang memposting tempe konro.. Akhirnya saya bela-belain beli tempe di toko thai yang ada di kofu. Nama toko thai ini adalah Akemi Store. Akemi Store ini menjual berbagai bahan makanan Asia termasuk Indonesia, Thailand, Fhilipina, dan Vietnam serta Malaysia. Banyak makanan dan bumbu Indonesia yang dijual di toko ini. Namun harga nya lumayan wow, bisa beda 20-130Yen daibandingkan dengan belanja di toko Indonesia, Okubo. SAya beli tempe restoeh ini seharga 478Yen belum termasuk pajak 8% untuk satu bungkus nya. Kalau belanja di toko Indonesia, Okubo harganya hanya 350Yen. Mantaps dan terasa sekali beda nya dan mahal nya, hahahahaha.. Tapi tidak apalah, ini pertama kali nya saya belanja di sini. Bawang merah dan bawang putih pun mahal. Sesekali saja untuk belanja di sini. Berhubung hanya mengobati kangen dan rindu dengan tempe bacem, akhirnya tempe nya beli satu bungkus saja. Oh iyah,  resep asli nya saya ambil dari blognya diahdidi.com.. Silahkan meluncur ke blognya tips membuat tahu bacem.. Tapi ini saya cuman bikin sedikit, jadi resep saya menyesuaikan dan saya modif. Terima kasih mbak diah didi sudah berbagi resep.


Bahan :
1. 2/3 tempe restoeh, potong sesuai selera, kalau saya saya bagi jadi 4
2. 2buah tahu panjang berkulit, saya potong jadi 5. Yang satu dibagi 3, dan 1 lagi dibagi 2 ☺
3. 2siung bawang merah (bawang merah di sini besar), iris tipis
4. 1 siung bawang putih (bawang putih nya yang agak besar), geprek lalu iris tipis
5. 300ml air, sampe tenggelam tempe dan tahu..
6. 3sdm gula merah halus
7. 2 lembar daun salam
8. 1ruas jari lengkoas geprek..
9. 1/2 sdt garam
10. 1/4sdt kaldu bubuk
11. 1/2sdt ketumbar
Cara membuat :
1. Siapkan panci, susun tempe dan tahu.. kemudian tuang air lalu tambahkan semua bumbu lainnya..
2. Masak dengan api sedang kecil
3. Jangan lupa dibolak balik agar bumbu meresap dan rata..
4. Masak hingga air menyusut (saya masak ini sktr 1/2jam)..
Alhamdulillah masak nya cepet dan bumbu meresap..
5. Jika sudah selesai, boleh disimpan dikulkas.. tapi kalau saya, saya dinginkan dulu beberapa jam, baru saya goreng..
Alhamdulillah enak.. terima kasih bunda_didi atas resep nya.. 
Itadakimasu.. Selamat Makan..




Terima Kasih ya Allah atas rezeki, ilmu, waktu dan kesehatan yang Engkau berikan hari ini sehingga saya bisa mengeksekusi dan menikmati masakan ini.
Alhamdulillah

Kofu Shi, Yamanashi Ken, Japan Februari 2017

No comments:

Post a Comment