Thursday 9 February 2017

#010 Lumpia Udang

Lumpia Udang


Selamat malam dengan lumpia udang masakan tadi pagi.. Maaf, baru sempet upload malam ini, kwkwkwkwkwk.. dua kali bikin ini kok selalu gambar nya kurang cakep, efek buru-buru mau dibawa ke sekolah dan efek dingin juga jadi selalu telat masak.. Lumpia udang ini, entah sejak kapan resep nya saya save dan baru dieksekusi sekarang.. hahahaha.. 😆
Resep nya dari ig nya mbak Henimaria , terima kasih mbak Henimaria sudah berbagi resep.. Awalnya saya membuatnya pakai daun bawang, kali ini saya bikin gak pake daun bawang, karena anak saya gak suka kalau lihat yang hijau-hijau alias sayuran di makananya.. hiks 😭
Kalau bagi saya, enak semua.. kwkwkwkwkwk..

Ini kulit lumpia nya saya pakai yang jadi, bukan beli sendiri. Saya ingin kulit lumpia yang garing dan kriuk. Saya membeli kulit lumpia ini di supa gyomu. Tapi jujur saja, saya kurang suka, karena kulit nya agak tipis dan kelihatan agak keras, digoreng pun cepat gosong. Ini saya pertama kali beli di gyomu. Akan tetapi kalau beli kulit lumpia yang dijual-jual di supa seperti ogino dan di supa lain nya, kebanyakan mereka mengandung alkohol. Kalau saya bikin sendiri dalam keadaan dingin begini, saya gak bisa. Soalnya saya tidak mau lama-lama di dapur yang dingin banget. Mau menggiling kulit lumpia nya agak lama soalnya, gak punya meja makan khusu buat menggiling-giling. Hihihihi alasan. Tapi cukup sekali ini saya membeli kulit lumpia ini, karena bau nya juga kurang begitu saya sukai, bau cuka nya sangat menyengat. Lebih baik kulit lumpia nya bikin sendiri saja ya teman.. Hehehehehe.. Ayo belajar bikin kulit lumpia. 😃 Bikin lumpia udang ini gampang banget, dan hasilnya memuaskan. Enak-enak-enak.


Ini resep nya :

Bahan :
1. 250gram udang (kalau saya pake nya cuman 136gram)
2. 2batang Daun bawang (saya tidak pakai)
3. 1/2sdt lada
4. 1/2sdt garam
5. 1sdt kecap ikan
6. 2sdm tepung maizena (saya hanya pakai 1sdm)
7. 2kulit lumpia besar, (saya beli kulit lumpia yang di gyomu lalu 1 kulit saya bagi 4.)

Cara membuat :
1. Blender semua bahan kecuali tepung maizena dan kulit lumpia
2. Taruh adonan yang sudah dihaluskan ke piring, tambahkan tepung maizena, aduk rata..
3. Bagi adonan menjadi 8, masukan ke kulit lumpia satu persatu lalu gulung biasa..
4. Goreng di minyak hangat..
5. Siap disajikan

Itadakimasu.. selamat mencoba..


Terima Kasih ya Allah atas rezeki, ilmu, waktu dan kesehatan yang Engkau berikan hari ini sehingga saya bisa mengeksekusi dan menikmati masakan ini.
Alhamdulillah

Kofu Shi, Yamanashi Ken, Japan Februari 2017

No comments:

Post a Comment