Wednesday 15 February 2017

#022 Ebi Tempura

Ebi Tempura


Selamat siang di hari jumat.. Makan siang kami hari ini adalah Ebi Tempura.. Saya ingin sekali membuat ebi tempura seperti yang di jual di foudcourt mall atau di rumah makan atau di supa-supa gitu. Ebi tempura yang lurus dengan tepung yang tebal, putih dan agak ikal trus garing begitu. Namun, saya sudah berkali-kali mencoba embuat nya tapi selalu gagal. Kadang udang nya masih melengkung, walaupun sudah saya coba luruskan, dengan cara menyayat punggung dan badan bagian depannya, tetap saja pas digoreng, udang nya malah melengkung lagi dan tepung nya menjadi agak menggumpal, sehingga hasil nya udang nya jadi bulat, Hehehehe...  trus pernah juga kegagalan yang terjadi adalah tepung nya lepas dari si udang. Wah, pas digoreng, mau dibalik, eh si tepung lepas dari udang nya, jadi si udang kedinginan gak pakai baju.. Hahahaha, yah, istilah nya begitu, mereka cerai, saling tolak. Alhamdulillah, kali ini mencoba-coba dan berhasil, ya ampun betapa seneng nya. yeay,, Selama ini saya mencoba dengan udang vanamae, udang nya besar sih, melengkung, harus nya bisa diluruskan. Kali ini saya pakai udang black tiger, bukan udang vaname.. Kalau vaname pasti melengkung walau sudah di sayat punggung dan badan nya.. Udang black tiger itu besar dan kekar, trus warna nya ada hitam-hitam nya sedikit. Sedikit lho ya, bukan banyak. Kalau udang ada hitam-hitamnya di bagian buntut dan jari nya berarti udang nya sudah tidak segar lagi. Saya tidak khawatir membeli berbagai makanan seafood di supa sini. Ikan, udang, cumi, kerang dan tako yang dijual, saya yakin sangat segar dan tidak mengandung pengawet. Kalau saya biasa nya belanja di Ogino atau Ichiyamamart. Kalau saya bandingkan di tempat lain, sayuran dan seafood yang di jual di sini, sudah bersih, tampak segar dan fresh. Berbeda kalau saya beli di aeon big, saya merasa seafood dan sayuran di sana kurang fresh, dan kurang cakep alias kurang bersih. Kalau belanja di ogino, daun bawang, kol, brokoli, dan lainnya semua tampak bersih, dan rapi. Jadi saya senang saja belanja di Ogino, karena saya merasa tidak direpotkan untuk membuang, bagian yang busuk, atau jelek dan hitam-hitam, yang kadang masih bertanahan.


Balik lagi cara membuat ebi tempura. Sebetulnya tepura itu isi nya bermaca-macam, bukan hanya ebi saja. Biasa nya orang jepang bilang tempura itu ada kabocha, trus daun hijau (saya lupa namanya apa, tapi saya kurang suka), kadang satsuimo, ada juga tamanegi, terong juga, ika juga. Jadi tempura itu tidak hanya udang, namun lebih kepada udang dan sayuran yang dikasih tepung satu persatu. Namun, karena anak saya dan suami lebih suka udang nya saja, jadi ya saya buat ebi tempura saja, kalau pakai sayuran di buat tempura pasti tidak laku, hehehehe..
Saya benar-benar sangat penasaran membuat ebi tempura ini, akhir nya saya lihat di you tube cara membuat nya, besoknya langsung saya coba dengan menggunakan udang black tiger. Dan saya pakai sedikit soda kue agar tepung nya terlihat keriting-keriting gitu seperti yang dijual di supa-supa.
Cara nya : udang yang sudah dibersihkan dan dibuang kulit nya (sisakan ekor nya), lalu disayat punggungnya. Kemudian balur di tepung terigu kering. Lalu balur di tepung basah (air es + tepung terigu + sedikit soda kue ). Goreng diminyak panas dan banyak sebentar saja..



 Selamat mencoba, selamat belajar bikin dan semangat memasak..

Terima Kasih ya Allah atas rezeki, ilmu, waktu dan kesehatan yang Engkau berikan hari ini sehingga saya bisa mengeksekusi dan menikmati masakan ini.
Alhamdulillah

Kofu Shi, Yamanashi Ken, Japan Februari 2017


No comments:

Post a Comment