Wednesday 15 February 2017

#026 Soup Miso Jamur

Soup Miso Jamur


Selamat siang dengan soup miso. Kalau di Jepang, sup dan sayuran itu seperti nya sudah jadi makanan wajib. Bento yang disajikan pasti ada sayurannya, mereka sudah dibiasakan dari sejak kecil untuk makan sayuran. Eh, tapi di sup miso ini tidak ada sayurannya ding, hihihihi, cuman seger-segeran saja, karena berkuah. Kalau di rumah makan, makan sasimi, atau restoran jepang lainnya pasti ada yang namanya sup miso. termasuk di restoran india yang saya kunjungi itu yaitu restoran himalaya. di sana juga ada sup miso nya. Apalagi musim dingin begini ya, pasti orang jepang mau nya makanan yang berkuah-kuah hangat. Nah, ini saya bikin nya pagi, makannya bersama dengan chicken teriyaki yang ada di resep sebelumnya. Sup miso itu isi nya bisa macam-macam. Yang jelas ada rasa miso dan wakame nya. Bahan yang lain bisa menyesuaikan. Biasanya saya pakai tahu dan toge serta sedikit negi atau daun bawang besar. Ada juga sup miso yang hanya menyediakan sup miso denga isian kulit tahu yang dipotong kecil-kecil alu diberi daun bawang kecil yang diiris tipis. Ada juga yang membuat sup miso nya dengan isian kerang. nah, yaitu enak lho, saya pernah nyoba di sushi roo. Sup miso nya diisi kerang. 
Nah, kali ini sup miso saya, saya isi dengan jamur Nameco. Ini pertama kali yang buat dengan campuran jamur nameco adalah papa Akira juga. Saya ini termasuk belajar banyak sama papa Akira tentang masak-memasak. Beliau kalau masak, seperti nya hasilnya mirip banget dengan yang dijual-jual, dari sisi tampilan maupun rasa dan tekstur. Misalnya beliau masak hambagu, atau gyoza, ingin nya dagingnya masih juicy gitu, yang suka masih mengandung minyak dan tidak kerin. Cukup kering diluar saja. tapi juicy di dalam. Itu kadang yang saya dan anak-anak suka. Suka kalau papa Akira yang masak, sudah enak, emak nya bisa nyantai lagi, hehehehe..
Balik lagi ke masakan sup miso. Jadi sejak saat itu, Akira yang awalnya kurang suka dengan jamur, akhirnya suka banget dengan jamur nameco ini yang dicampur dalam sup miso. Akira jadi nambah lagi dan lagi. Kalau akari suka juga, tapi dia lebih banyak makan wakame nya. Seger banget memang makan dan menghirup sup miso ini, sambil slurrrp..


Okeh, ini saya tulis bahannya :

1. Miso, banyaknya miso menyesuaikan dengan banyaknya air dan rasa, ada miso yang sudah mengandung kaldu tersendiri, ada yang perlu menambahkan kaldu. Biasanya saya menambahkan kaldu ikan tambahan.
2. Wakame, sesuai selera. Kalau saya agak banyak, karena Akari yang doyan.
3. Tahu putih, potong kecil
4. Jamur nameco
5. Sedikit kaldu ikan
6. Air minimal 300ml

Cara memasaknya :
1. Didihkan air, kecilkan api, masukkan miso, aduk hingga miso halus.
2. Tambahkan kaldu ikan, tes rasa
3. Tambahkan tahu dan jamur nameco, masak dengan api sedang
4. Tambahkan wakame biarkan hingga wakame mengembang
Selesai.

Itadakimasu, selamat makan..


Terima Kasih ya Allah atas rezeki, ilmu, waktu dan kesehatan yang Engkau berikan hari ini sehingga saya bisa mengeksekusi dan menikmati masakan ini.
Alhamdulillah

Kofu Shi, Yamanashi Ken, Japan Februari 2017


No comments:

Post a Comment