Wednesday 15 February 2017

#025 Chicken Teriyaki

Chicken Teriyaki



Selamat pagi di awal tahun 2017 dengan chicken teriyaki ala suka-suka akuh, hehehehe.. Teriyaki dan Yakiniku, perbedaan nya adalah kalau teriyaki itu rasa nya manis dan yakiniku itu agak asin gitu. Tapi sebetulnya kalau diartikan sendiri-sendiri, yaki itu artinya dipanggang, entah kenapa di indonesia, foodcourt yang menjual masakan jepang, seperti hokben chicken teriyaki nya dimasak seperti ini tampilannya, dan yakiniku nya juga seperti yang dijual itu. Padahal Yaki itu sebetulnya arti nya dipanggang, dan niku itu arti nya daging. Jadi kalau ada Chicken teriyaki adalah ayam yang dimasak dengan cara dipanggang dan terasa manis. Sedangkan yakiniku itu juga daging yang dipanggang hanya rasa nya tidak manis tapi agak sedikit asin. Tapi kali ini saya mau masak chicken teriyaki yang ala-ala jepang yang dijual di Indonesia saja. hehehehe.. Kalau di Jepang ini, kebanyakan masakannya yang manis-manis gitu. Sebetulnya kalau lihat resep masakan Jepang ya, tidak ada yang namanya kecap manis. Mereka hanya memiliki kecap asin yang disebut shoyu, lalu untuk manis nya, mereka menambahkan gula, kemudian agar sedikit lebih sedap masakannya mereka menambahkan sedikit mirin di masakannya. Sebagian besar cara memasak orang jepang adalah seperti itu. Sayuran dan daging kebanyakan dimasak dengan cara direbus. Kalau ikan kebanyakan dimasak dengan cara dipanggang.



Bahan :
1. 200gram paha ayam tanpa tulang
2. 1/4 bawang bombay besar
3. Lada dan garam secukupnya
4. 2sdm kecap manis
5. 1sdm kecap asin
6. 1sdt kecap inggris.

Cara membuat :
1. Potong memanjang bawang bombay.
2. Potong ayam, cuci lalu bersihkan, kemudian kasih lada dan garam.
3. Tumis bawang bombay sampai layu, lalu masukkan ayam, masak ayam sampai berubah warna, lalu masukkan kecap manis, kecap inggris, dan kecap asin.. masak hingga ayam matang.

Selamat mencoba. Itadakimasu.

boleh menambahkan paprika hijau jika ada, saya punya parika hijau, tapi anak saya tidak begitu suka bau paprika hijau.



Terima Kasih ya Allah atas rezeki, ilmu, waktu dan kesehatan yang Engkau berikan hari ini sehingga saya bisa mengeksekusi dan menikmati masakan ini.
Alhamdulillah

Kofu Shi, Yamanashi Ken, Japan Februari 2017

No comments:

Post a Comment