Tuesday 21 February 2017

#051 Fillet Ikan Tara

Fillet Ikan Tara


Kalau lagi jalan-jalan ke mall dan tiba-tiba sudah waktu nya makan, saya kadang mengajak anak anak saya mampir ke restoran Solaria. Entah mengapa, menurut saya makanan nya enak-enak. Yang paling saya suka adalah nasi goreng. Dan dulu, pas Akira masih kecil saya suka memberi nya menu ikan fillet karena ikan nya putih, tidak berasa ikan banget, trus tekstur nya lembut. Biasa anak saya besar ini, bawaan makan nya pilih-pilih. Dan saya usahakan tidak memilih mie untuk anak saya, walaupun mie itu saya tahu enak. Hehehehehe..

Nah kalau di Jepang ini, banyak sekali pilihan makanan seafood nya, ikan nya juga macem-macem. Saya saja sampai bingung, ini ikan mau dimasak seperti apa dan bagaimana. Karena ikan nya hanya badannya saja atau daging nya saja. Jarang sekali ikan dengan kondisi utuh yang ada kepala sampai buntut. Yang banyak juga sudah menjadi dalam bentuk sushi dan sashimi. Seperti ikan salmon, ikan tara, ikan saba, semua dijual hanya dalambentuk potongan badan saja, fillet badan. Aslinya bentuk ikan utuh nya saya kurang tahu. Nah, kalau ikan seperti nila, lele, ikan sarden, tidak ada di sini yang dijual mirip dengan yang di Indonesia. Jadi ya saya kadang bingung sendiri, potongan ikan-ikan seperti ini mau dimasak seperti apa. Pinter-pinter saya mengolah saja. Kadang merasa sok tau gitu, ikan ini pantas nya diolah atau dimasak seperti ini. Hahahahaha..

Tapi saya senang tinggal dan memilih ikan, udang, cumi serta kerang di sini. Karena saya tidak khawatir kalau yang dijual itu busuk. Semua terlihat fresh dan segar. Dan semua makanan yang dijual di sini memiliki batas waktu expire nya. 


Nah, kalau ikan tara ini setiap musim seperti nya ada terus. Ikan ini pernah saya buat jadi pempek dan datemaki. terasa ikan nya tapi sedikit. Kadang, kalau kita sedang membuat nabe, Ikan ini dijadikan kaldu di kuah nya. Wah sedap sekali masak nabe pada saat dingin-dingin begini. Tapi setelah saya lihat-lihat ikan ini cocok juga dimasak tepung, jadi seperti yang di restoran itu. teman makan nya adalah kentang goreng dan salad. Cara membuat nya ikan dibumbuin dengan garam dan lada, lalu ditaruh di tepung terigu kering, lalu dibalur dengan kocokan telur, kemudian masukkan ke dalam tepung basah. Kemudian goreng dalam minyak suhu 180 derajat sampai matang. Gampang kan membuat nya.
Sajikan bersama kentang atau nasi dan salad.Sudah jadi deh seperti makanan di resto-resto.

Selamat sarapan, itadakimasu.. 


Terima Kasih ya Allah atas rezeki, ilmu, waktu dan kesehatan yang Engkau berikan hari ini sehingga saya bisa mengeksekusi dan menikmati masakan ini.
Alhamdulillah

Kofu Shi, Yamanashi Ken, Japan Februari 2017



No comments:

Post a Comment