Wednesday 15 February 2017

#023 Bolen Pisang Coklat

Bolen Pisang Coklat




Selamat sore, bolen pisang mau lewat lagi, ini adalah cemilan hari ini.. Terima kasih kepada mbak dapur putri yang menyemangati saya buat bikin kulit bolen sendiri tanpa pake kulit puff pastry. Saya termasuk yang berkali-kali bikin bolen pisang ini. Pertama kali saya pakai resep seperti yang dibawah ini, karena pas awal baru coba-coba, jadi saya pakai setengah resep, lalu untuk isiannya saya pakai chocochip dan keju block serta pisang, karena pada saat itu saya tidak punya meses, dan topping nya pun saya pakaikan choco chips, trus hasilnya kurang memuaskan, karena siklat dan keju kurang lumer, dan tampilan si topping kurang cakep. Lalu untuk kedua kali nya saya buat lagi. Pada saat itu, saya coba menggunakan kulit puff pastry, soalnya saya capek kalau mau ngulen, ngulen gitu. Rasa nya kurang puas aja, kalau tidak ngulen di meja makan yang luas, yang alas nya keramik gitu. Hahahaha, masih mimpi mau punya meja dapur seperti itu. Saya juga buat nya sedikit. Hanya 8buah pisang bolen. Karena isi puff pastry nya 4 buah, lalu saya giling dan saya bagi 2. Lalu untuk isian, saya pakai meses dan pisang saja. serta topping nya saya pakai coklat meses, dan hasil memuaskan. Rasa dan tampilan yang dihasilkan sangat memuaskan.
Nah, kemudian, karena pada saat upload foto pisang bolen pakai puff pastry, tiba-tiba saya dapat komen dari teman fesbuk saya agar membuat pisang bolen dengan kulit puff pastry sendiri. Alhasil, dengan semangat nya saya mencoba untuk membuat nya, sangat tertantang sekali untuk mencoba lagi dengan senang hati. Hehehehe, saya coba lagi dengan resep yang dulu pernah saya buat, sesuai dengan takarannya yaitu seperti resep yang saya tulis ini. Hasilnya lumayan banyak, dapat 16 buah pisang molen. Puas rasanya ketika berhasil sempurna dengan bahan yang tidak apa adanya. Kali ini saya tulis ulang resep nya bagi yang mau bikin, resepnya ini banyak beredar di instagram maupun cookpad :



Kulit :

Bahan A:
1. 100gram tepung terigu protein tinggi
2. 75gram margarin
3. 1sdm minyak goreng

Bahan B :
1. 200gram tepung terigu protein tinggi
2. 75gram margarin
3. 30gram gula halus
4. 50ml air dingin atau air es

Bahan isian:
1. 3buah pisang cavendis, disini adanya hanya pisang seperti itu
2. Meises/keju

Olesan :
1. 2buah kuning telur

Topping :Meses atau keju parut.

Cara membuat :
1. Campur bahan A lalu aduk rata, adonan memang terlihat lengket. Biarkan selama minimal 15menit
2. Di mangkok terpisah Campur bahan B, uleni sampai kalis dan tidak lengket ditangan. Diamkan minimal 15menit..
3. Bagi masing-masing adonan menjadi 16bagian, bulatkan.
4. Ambil satu adonan bahan B, kemudian gilas tipis, lalu ambil satu adonan bahan A taruh diatas bahan B, ratakan. Kemudian lipat seperti amplop, gilas tipis lagi. Kemudian lipat lagi seperti amplop. Kemudian istirahatkan adonan selama minimal 30menit. Lakukan pada 15adonan lainnya..
5. Kemudian ambil satu adonan yang sdh diistirahatkan, isi dengan sepotong pisang, lalu taruh meses kemudian lipat lagi seperti amplop atau martabak.
6. Panaskan oven 10menit suhu 180derajat api atas bawah pan on
7. Siapkan loyang, taruh kertas baking diatasnya, tata molen yang sudah diisi. Kemudian beri polesan diatas nya lalu beri topping meses atau keju.
8. Jika semua adonan sudah siap dan oven sdh dipanaskan, selanjutnya panggang pisang molen di rak paling bawah, oven suhu 180derajat api atas bawah selama 5menit pan on. Jangan lupa loyang diputar agar bolen matang merata dan tidak gosong di satu sisi. bila bagian atas sudah terlihat agak matang, pindah ke api bawah saja, oven lagi selama 15menit suhu 180derajat pan on..
9. Selesai.



Selamat nyemil.

Itadakimasu, Selamat makan, selamat santai sore dengan makan pisang bolen sepuasnya. Enak lho pisang campur coklat itu, apalagi kalau pisangnya mateng, rasanya lumer banget di mulut. 😋



Terima Kasih ya Allah atas rezeki, ilmu, waktu dan kesehatan yang Engkau berikan hari ini sehingga saya bisa mengeksekusi dan menikmati masakan ini.
Alhamdulillah

Kofu Shi, Yamanashi Ken, Japan Februari 2017

No comments:

Post a Comment