Sunday 19 February 2017

#036 Kakiage

Kakiage



Kakiage sebetulnya sama dengan bakwan. Bakwan nya Indonesia yang pake tepung dan sayuran. Tapi Kakiage di Jepang ini kebanyakan isi nya sayuran dibandingkan dengan tepung nya. Jadi tepung yang digunakan hanya buat menempel sayuran satu sama lain agar si sayuran ini tampaak lebih besar ukuran nya dan lebih berisi. Rasa kakiage yang di jual di foodcourt atau di supa-supa kadang menggudang selera. Bau nya sangat menggoda. Isi kakiage ini hanya bawang bombay, ninjing alias wortel, dan daun mitsuba. Saya pernah mebuat nya sebelumnya dengan menggunakan daun mitsuba ini. Resep nya akan saya tuliskan kembali. Namun kali ini saya ingin membuat dengan selera saya sendiri. Tanpa menggunakan daun mitsuba. Karena anak saya kurang begitu suka dengan makanan yang ada hijau-hijau nya. Hihihihihi, tapi kali ini saya membuat dengan rasa yang agak sama dengan yang dijual di supa-supa, yaitu saya tambahkan sedikit potongan udang dan potongan cumi di dalam adonannya, dan saya hanya memberi sedikit tepung, sebagai pelekat nya saja.

Ini adalah resep saya yang menggunakan daun mitsuba dan tanpa cumi dan udang di dalamnya,. Daun mitsuba itu seperti daun seledri, tapi bukan daun seledri seperti di Indonesia rasa nya. Menurut saya rasa nya hambar, kalau daun seledri indonesia, bau nya harum.

Kakiage jadi nya 8 bakwan
Bahan :
1. 1/2bawang bombay, iris kecil
2. 1/4 wortel
3. Daun mitsuba sedikit
4. 50gram tepung terigu
5. 10gram tepung maizena
6. 100ml air es

Cara membuat :
1. Iris bawang bombay, wortel dan mitsuba sesuai selera. campur dalam satu mangkok
2. Dalam mangkok lain, siapkan tepung terigu, maizena dan air, campur dan aduk jadi satu.
3. Campurkan adonan tepung ke dalam mangkok sayuran.. 
4. Goreng dalam minyak panas.
Itadakimasu.. 

Nah, itu resep kakiage saya sebelum nya dan Ini saya buat lagi resep kakiage ala saya sendiri. Karena anak saya lebih suka kakiage yang seperti ini, dibandingkan yang sebelumnya. Selain tidak terlihat sayuran hijau nya tapi di salam nya ada rasa seafood nya..




Resep Kakiage ala saya sendiri (Hasil 5 Bakwan)
1. 1/2bawang bombay, potong memanjang atau potong kotak sesuai selera
2. Sepanjang ruas jempol wortel, potong memanjang
3. 1ekor udang cincang kecil
4. 1ring cumi cincang kecil
5. Secukupnya lada
6. Secukupnya garam
7. 2sdm tepung terigu
8 10-20ml air

Cara membuat 
1. Campur semua bahan, lalu ambil satu sendok adonan, kemudian  goreng dengan minyak panas.
2. Bila terlihat adonan terpisah, biar sebentar, lalu tumpuk-tumpuk sayuran dan adonan yang terpisah tersebut dengan cepat menggunakan sumpit, kemudian balik sebentar.
3. Angkat dan sajikan.


Kakiage, Hasil Eksekusi 1 Januari 2017

Terima Kasih ya Allah atas rezeki, ilmu, waktu dan kesehatan yang Engkau berikan hari ini sehingga saya bisa mengeksekusi dan menikmati masakan ini.
Alhamdulillah

Kofu Shi, Yamanashi Ken, Japan Februari 2017

  

No comments:

Post a Comment