Thursday 23 February 2017

#059 Blog Baru di Tahun 2017

Blog Baru di Tahun 2017



“Memulai itu sulit dan berat. Namun jika engkau telah melewati masa itu, untuk tahap berikutnya engkau akan menikmati nya.” Mitna desu.

Alhamdulillah di tahun 2017 ini, saya sudah bisa menulis blog lagi dengan tampilan baru dari domain blogspot. Kadang senang melihat orang-orang yang rajin menulis di blog, kenapa saya nggak?? Ayo semangat lagi nulis di blog!!! Walaupun hampir sempat down tidak semangat untuk menulis di blog. Karena kadang merasa kenapa kok saya rajin banget nulis-nulis beginian??? Memang nya akan ada yang baca? Memang nya ada yang perlu? Hahahaha, tapi dengan semangat yang pantang menyerah, setelah tanya teman, minta semangat dari suami juga, akhirnya punya hasrat dan semangat lagi untuk menulis-menulis iseng mengisi waktu dan senang dengan hasil foto saya sendiri, kwkwkwkwk. Saya tidak peduli ini berguna atau tidak, yang jelas saya hanya ingin terus melakukan apa yang saya sukai saja, apa yang bisa saya lakukan tanpa melihat kebelakang, tanpa melihat sisi negatif, yang penting mengisi waktu dan ada manfaat setidaknya untuk saya sendiri. Rajin menulis seperti ini, setidaknya menambah ide dan menuangkan pemikiran agar otak juga plong. Hihihihi.. Dan sekaligus ini menuangkan hobby saya memotret dan menuangkan memori tentang kehidupan saya dan keluarga saya. Semoga blog ini menjadi cerita perjalanan hidup saya dan anak saya selama ini, yang tidak hilang dan dapat dilihat ulang kembali ketika kita tidak mungkin berbalik ke masa lalu. Ya, masa lalu. Masa lalu yang tak mungkin kita ulang, yang tidak mungkin akan kita rasakan sama persis di saat ini atau di saat mendatang. Ibarat tulang yang sudah patah, mau diperbaiki seperti apa, tidak akan kembali seperti semula, tidak akan sesempurna seperti yang Allah ciptakan pertama kali. Blog baru ini, saya belajar secara otodidak, cari-cari sendiri di internet.

Setelah saya mulai bersemangat menulis di bog atas bantuan dan semangat dari suami dan teman saya, dari diri saya sendiri tentang meningkatkan kualitas diri, agar selalu aktif dan kreatif, tidak pelupa dan rajin saja, selalu belajar dan berusaha agar selalu lebih baik-lebih baik dan lebih baik. Jujur, saya sangat senang sesuatu dengan yang baru, indah dan cantik. Saya selalu suka melihat keindahan, semoga kedepan hidup saya selalu indah, dan cantik.

Jalan kehidupan yang kita lalui itu tak selalu lurus, akan bertemu persimpangan yang kadang membuat hati kita menjadi gundah, pilihan mana yang perlu kita tempuh. Kadang juga tidak mudah dan mulus untuk kita lewati. Ada aliran sungai yang kita lihat, ada jalanan datar yang kita lewati dan ada pegunungan yang perlu kita daki. Kadang bisa jadi kita senang di daerah perairan, kita merindukan ketengangan dengan melihat pantai. Kadang kita bising dengan bunyi kegaduhan mobil dan klakson di jalanan, dan kadang kita ingin pergi ke gunung untuk menikmati kesendirian dan mencapai puncak dengan melewati berbagai rintangan batuan.

Ya, kadang hidup itu membuat orang berada di atas, biasa dan ada juga dibawah. Namun, menurut saya semua nya indah, tergantung kita menikmati kehidupan dan mensyukuri nya. Ibarat pohon Sakura di Jepang. Dia tumbuh baik dan sempurna ketika musim semi, semua orang menyukai nya. Namun, adakala nya juga dan ada waktu nya juga, pohon tersebut tak berbunga dan tak berdaun sama sekali. Apakah pada sat itu dilirik dan disukai orang? Tidak. Dan mengapa masa indah itu hanya sebentar? Begitulah kehidupan. Sesuatu yang indah itu waktu nya hanya sedikit. Masa yang paling panjang yang dilewatkan itu adalah proses menuju keindahan itu. Perlu banyak usaha dan perjuangan yang dilakukan. Begitupula dengan blog ini. Saya sudah memulai dengan yang baru, walau masih belum sempurna, namun saya akan terus belajar memperbaiki nya agar lebih baik.



Setelah saya menulis di blog semangat saya makin bertambah, sambil mengetik-ngetik dan bermain bersama anak di rumah, tiba-tiba anak saya suka dengan lagu Zootophia yang dinyanyikan oleh Shakira. Pada saat saya melihat dan mendengar lagu nya, saya hayati satu per satu tiap lirik nya, ternyata lirik lagu ini pas dengan perasaan saya saat ini. Ketika saya hampir down dan sekarang saya semangat lagi. Lirik lagu Shakira yang berjudul Try Everything ini, bagi saya sangat bagus sebagai penyemangat saya saat ini. Berulang-ulang saya mendengarkan lagu ini, sambal menulis-nulis resep di blog saya dan berusaha memperbaharui dan memperbaiki blog saya. Bagian lirik lagu yang paling saya suka dan pas dengan kondisi saya saat ini adalah

I messed up tonight, I lost another fight
I still mess up but I'll just start again
I keep falling down, I keep on hitting the ground
I always get up now to see what's next

I won't give up, no I won't give in
'Til I reach the end and then I'll start again
No, I won't leave, I wanna try everything
I wanna try even though I could fail


Arti nya bagus ya.. Ya inilah juga yang membuat saya semangat kembali.
Saya akan mulai lagi, tidak akan menyerah, sampai saya mencapai nya, saya akan belajar, berusaha, tidak ingin meninggalkan nya, walaupun saya gagal. Setidaknya ada sesuatu yang saya buat dan hasilnya nyata yaitu blog baru ini. Masih belajar dengan tampilan blog yang sederhana, menggunakan photoshop untuk watermark hasil foto. “Try Everything”.

Mulai blog baru tahun 2017 ini sejak bulan Februari 2017. Setelah merasa kesepian , tidak ada aktivitas dan kedinginan, akhirnya saya lebih memilih untuk tinggal dan tidak jalan-jalan keluar rumah. Cukup duduk dan berhangat di ruang televisi sambil kaki dimasukkan di dalam kotatsu agar selalu hangat. Mengexplore diri dengan menulis dan membaca di depan laptop. Tidak menghabiskan waktu di luar sana yang dingin nya sangat, sangat, sangat. Karena musim dingin di Jepang ini, suhu nya berkisar -7 (Kalau malam) sampai 7 (kalau siang). Jadi apa daya saya mengeksplore jepang nya cukup sabtu minggu saja bersama suami dan anak-anak, jadi bisa duduk di dalam mobil yang cukup hangat. Karena hidup di Jepang yang dingin seperti ini sangat berat, karena saya sendiri belum terbiasa dengan suhu yang dingin setiap hari nya. Yang paling sangat merasakan kedinginan dari bagian tubuh saya adalah telapak kaki.

Balik lagi dengan cerita blog baru di tahun 2017 ini, sebagian besar isi nya adalah resep karena saya itu hobi dan senang memasak, dan suka serta penasaran dengan masakan dan makanan yang selama ini suka saya beli-beli. Beruntunglah saya tinggal di Jepang ini, mendapatkan kesempatan seperti ini. Makanan yang selama ini saya beli, saat ini sudah bisa saya cobain sendiri. Betapa senang nya, saya tidak hanya membeli saja, tapi belajar untuk membuat nya. Sebagian resep di blog ini adalah resep yang paling saya sukai diantara resep yang saya coba-coba sebelumnya, karena saya memasak itu berulang-ulang, sesuai dengan selera anak dan suami saya. Kadang, saya menuruti resep yang ada namun kalau tidak pas di saya dan tidak pas di selera anak saya terpaksa saya mencari resep lain yang pas. Atau saya mencoba makanan, lalu saya ingat-ingat rasa nya, apakah sudah mirip dengan masakan saya seperti yang dijual-jual. Jadi insya Allah persembahan resep di sini, adalah resep yang menurut saya sudah pas bagi saya. Walaupun, agak sedikit menangis meninggalkan blog lama yang sudah banyak saya tulis dan cerita tentang keadaan jepang dan tentang kehidupan saya dan juga resep-resep nya, namun apa daya, kita harus terus melihat dan melanjutkan kehidupan yang ada di depan kita. Biarkan blog lama, mari memulai yang baru. Mudah-mudahan lebih baik, walaupun membuat dan mengembangkannya sambil merayap sedikit demi sedikit, karena banyak yang perlu dipelajari. Dan banyak resep masakan yang antri mau saya tulis, hahahaha, semangat!!!

Saya suka dengan penggalan lirik ini juga dari lagu “Try Everything”, Shakira

Don't beat yourself up, don't need to run so fast
Sometimes we come last, but we did our best


Ketika engkau sudah bisa mencapai di atas. Betapa indah nya melihat ciptaan Allah yang ada dibawah sana. Sepenuhnya engkau dapat melihat itu, tapi tidak secara mendetail engkau mendapatkannya.

Bye-bye teman-teman, Selamat menulis diblog lagi.

Terima Kasih ya Allah atas rezeki, ilmu, waktu dan kesehatan yang Engkau berikan hari ini sehingga saya bisa menuangkan tulisan dan pemikiran saya ini.

Alhamdulillah

Kofu Shi, Yamanashi Ken, Japan Februari 2017

Salam,
-Mawas- (Mom's Akira Wicaksana and Akari Sepnita)

No comments:

Post a Comment